Selasa 19 Dec 2023 08:18 WIB

Begini Detail Perubahan Format Piala Dunia Antarklub yang Dimulai pada 2025

Piala Dunia Antarklub akan diikuti oleh 32 tim.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Chelsea merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2021 setelah mengalahkan Palmeiras 2-1 di Abu Dhabi, UEA, Ahad (13/2/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Para pemain Chelsea merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2021 setelah mengalahkan Palmeiras 2-1 di Abu Dhabi, UEA, Ahad (13/2/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- FIFA memastikan format Piala Dunia Antarklub berubah sejak 2025 nanti. Lalu bagaimana detail perubahannya?

Pertama, perlu dilihat format yang sedang dipakai. Pada 2023 menjadi edisi terakhir format lama. Biasanya jawara Eropa dan Amerika Selatan akan langsung ke semifinal. Artinya mereka cuma butuh dua pertandingan untuk merebut gelar.

Baca Juga

Kebanyakan, final mempertemukan klub dari dua benua tersebut. Pada era sepak bola modern, tim-tim Eropa mendominasi. Hanya Corintihians asal Brasil yang menggangu rekor kemenangan para jawara Benua Biru dalam 16 tahun belakangan. Nyaris tak ada kejutan berarti. 

Tim-tim Asia dan Afrika lebih sering menjadi penggembira. Raksasa seperti Real Madrid, Barcelona atau Liverpool tetap dominan.

"Fakta bahwa turnamen ini dilakukan pada pertengahan musim di kompetisi Eropa tidak membantu (tim dari benua lain)," demikian laporan yang dikutip dari japantoday.com.

Berikutnya, mengenai format terbaru. Pesertanya diperluas menjadi 32 partisipan. Sebanyak 12 tim dari Eropa (UEFA), enam tim asal Amerika Selatan (CONCACAF). Lalu Asia (AFC), dan Afrika (CAF), Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF), masing-masing menyumbang empat tim. Dua jatah tersisa dari perwakilan Oceania (OFC), serta tuan rumah.

Turnamen berlangsung saat musim kompetisi reguler berakhir. Pada edisi perdana ini, dari 15 Juni-13 Juli 2025. Formatnya meniru format Piala Dunia Putra dan Putri.

Peserta terbagi dalam delapan grup. Dua tim terbaik di masing-masing grup, lolos ke babak gugur. Babak gugur dari 16 besar-final.  Lalu siapa saja peserta yang sudah pasti akan unjuk gigi di AS? 

Belum semuanya. Sejauh ini, dari Eropa, tiga tim sudah pasti lolos. Ada Manchester City, Real Madrid, Chelsea FC. City, Madrid, serta the Blues merupakan pemenang Liga Champions tiga edisi terakhir.

Lalu Bayern Munchen, Paris Saint Germain, Inter Milan, FC Porto, dan Benfica turut ambil bagian. Itu berdasarkan koefisien, alias peringkat terbaru UEFA. Berikutnya pemenang Copa Libertadores tiga musim terakhir, Palmeiras, Flamengo, dan Fluminense juga lolos.

Dari CONCACAF ada Seattle Sounders, Monterrey, Club Leon. Kemudian Asia (AFC) mengirimkan Al-Hilal dan Urawa Red Diamonds. Wakil Afrika yakni Al Ahly dan Wydad. Oceania diwakili oleh Auckland City.  

Perwakilan dari setiap negara hanya boleh dua tim. Bisa ditambah jika lebih dari dua tim di sebuah negara memenangi gelar kontinental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement