Kamis 21 Dec 2023 05:48 WIB

Liverpool ke Semifinal Piala Carabao Usai Gebuk West Ham 5-1

Liverpool mencatatkan rekor penampilan ke-19 di semifinal Piala Liga Inggris.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Liverpool Curtis Jones merayakan golnya ke gawang West Ham United pada laga Piala Carabao di Anfield, Kamis (21/12/2023) dini hari WIB..
Foto: AP Photo/Jon Super
Pemain Liverpool Curtis Jones merayakan golnya ke gawang West Ham United pada laga Piala Carabao di Anfield, Kamis (21/12/2023) dini hari WIB..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool menghancurkan West Ham 5-1 untuk mencapai semifinal Piala Carabao (Piala Liga Inggris) pada Kamis (21/12/2023) dini hari WIB. Hasil ini mengurangi rasa frustrasi akibat kegagalan menjebol gawang Manchester United dalam pertandingan Liga Primer Inggris pekan lalu.

Curtis Jones mencetak dua gol. Dominik Szoboszlai, Cody Gakpo, dan Mohamed Salah masing-masing menyumbang satu untuk tim asuhan Jurgen Klopp. Liverpool bergabung dengan Chelsea, Fulham, dan Middlesbrough di empat besar kompetisi ini.

Baca Juga

Liverpool mencatatkan rekor penampilan ke-19 di semifinal Piala Liga Inggris berkat kemenangan ini. Tidak ada tim yang memenangi lebih banyak Piala Liga daripada Liverpool, yang mengangkat trofi untuk kesembilan kalinya pada musim 2021/22.

The Reds mengobrak-abrik tim tamu sejak awal di Anfield. Liverpool, yang memiliki 34 tembakan melawan United pada hari Ahad lalu tanpa mencetak gol, meluncurkan gelombang demi gelombang serangan, dengan West Ham berjuang untuk menjaga gawangnya tetap perawan.

Harvey Elliott melepaskan tendangan yang melambung pada menit ke-14 dan Szoboszlai melepaskan sepakan melebar. Namun gelandang asal Hungaria itu memberikan tuan rumah keunggulan yang layak mereka dapatkan sesaat sebelum babak pertama berakhir.

Gol tersebut tercipta setelah Said Benrahma kehilangan bola dengan ceroboh di lini tengah, menyia-nyiakan sebuah kesempatan untuk melakukan serangan balik yang jarang terjadi untuk West Ham.

Jarell Quansah memberi umpan kepada Szoboszlai di sisi kanan serangan Liverpool dan ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang melesat ke tiang jauh, tanpa memberikan kesempatan bagi kiper Alphonse Areola untuk menghentikan bola.

Permainan berlanjut dengan pola yang sama. West Ham dipaksa bertahan, hal yang tidak asing lagi bagi tim yang hanya menang sekali di Anfield sejak 1963.

Tim tuan rumah, yang memiliki Salah dan Trent Alexander-Arnold di bangku cadangan, seharusnya bisa menggandakan keunggulan mereka di saat-saat terakhir babak pertama, tetapi sundulan Gakpo melebar tipis setelah menerima umpan silang yang bagus dari Elliott. Liverpool memiliki 11 tembakan di 45 menit pertama berbanding nol milik West Ham. Tim asal London ini juga memiliki sejumlah pemain bintang di bangku cadangan, dengan Lucas Paqueta dan James Ward-Prowse tidak masuk dalam susunan pemain inti.

Babak kedua berlangsung dengan cara yang sama seperti babak pertama, dengan Liverpool melakukan percobaan dan anak asuh David Moyes terlihat tidak bersemangat.

Darwin Nunez, yang memulai pertandingan tanpa mencetak gol dalam 10 pertandingan terakhirnya untuk Liverpool, mendapatkan kesempatan setelah menggeliat di dalam kotak penalti. Namun Areola mampu melakukan penyelamatan.

Namun, Jones memberikan Liverpool sebuah gol tambahan pada menit ke-56, menembakkan bola melalui kaki Areola di tiang dekat.

Pelatih David Moyes memasukkan Paqueta namun Klopp membalas dengan memasukkan Salah, Alexander-Arnold dan Ibrahima Konate.

Liverpool membuat skor menjadi 3-0 saat Konate merangsek ke depan sebelum menemukan Gakpo, yang melakukan satu sentuhan di tepi kotak penalti dan mencetak gol.

Bowen membalas dengan satu gol, memotong ke dalam Quansah dan melakukan tendangan melengkung yang bagus. Namun Salah mengembalikan keunggulan tiga gol Liverpool. Jones mencetak gol keduanya malam itu untuk melengkapi kemenangan the Reds.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement