Kamis 21 Dec 2023 23:04 WIB

Prediksi Starting XI Alaves Vs Real Madrid

Real Madrid memiliki kesempatan untuk kembali ke puncak klasemen.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Real Madrid vs Alaves (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/Miguel Oses
Real Madrid vs Alaves (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alaves menutup tahun 2023 dengan berat. Setelah kalah dari pemuncak klasemen La Liga, Girona, pada Selasa (19/12/2023) dini hari WIB, Alaves akan menantang tim peringkat kedua Real Madrid di Stadion Mendizorroza pada Jumat (21/12/2023) dini hari WIB.

Los Blancos memiliki kesempatan untuk kembali ke puncak klasemen dengan kemenangan, sedangkan Alaves dapat menjauh enam poin dari zona degradasi jika dapat mengamankan tiga angka di kandang sendiri.

Baca Juga

Sejak mengalahkan Granada 3-1 pada akhir November, Alaves gagal memenangi satu pun dari tiga pertandingan pertama mereka di La Liga pada Desember, dengan hasil imbang tanpa gol melawan Mallorca yang diikuti dengan kekalahan beruntun tanpa gol melawan Las Palmas dan Girona.

Los Blanquiazules saat ini berada di urutan ke-13 di klasemen La Liga Spanyol, tetapi hanya unggul tiga poin dari zona degradasi. Kabar baiknya, dari 16 poin yang sudah diraih sepanjang musim ini, sebanyak 13 di antaranya diraih di kandang sendiri.

Alaves butuh keajaiban dan magis kandang untuk menjungkalkan Real Madrid, tim yang mengalahkan mereka 15 kali dari 17 pertemuan terakhir di La Liga.

Los Blancos juga merupakan lawan yang paling sering membungkam Alaves (28 kali) dan membobol mereka paling banyak (92 gol) dalam sejarah La Liga.

Real Madrid telah memenangi 13 pertandingan, meraih tiga hasil imbang dan hanya satu kali kalah dalam 17 pertandingan liga musim ini. Pelatih Carlo Ancelotti dapat mengambil banyak hal positif dari penampilan gemilang timnya, dengan absennya beberapa pemain kunci karena cedera.

Hanya Girona (22) yang telah mengumpulkan lebih banyak poin tandang di La Liga musim ini dibandingkan Los Blancos (20). Madrid memenangi tujuh dari delapan pertandingan tandang terakhir di divisi utama, dengan mencetak 24 gol dalam prosesnya.

Real Madrid sangat menikmati perjalanan mereka baru-baru ini ke Basque karena mereka hanya kalah satu kali dari 14 kunjungan sebelumnya di La Liga, kekalahan 2-0 dari Real Sociedad pada bulan Mei. Madrid akan percaya diri untuk mendapatkan poin maksimal melawan Alaves saat mereka berusaha untuk mengakhiri tahun 2023 dengan baik.

Duo Alaves, Aleksandar Sedlar dan Giuliano Simeone, masih harus absen karena masih dalam tahap pemulihan dari cedera ACL dan pergelangan kaki. Namun, Abdel Abqar dapat kembali bermain setelah menjalani skorsing dalam laga kontra Girona. Sang pemain bertahan dapat menggantikan Nahuel Tenaglia di tim inti saat Garcia mempertimbangkan apakah ia akan tetap menggunakan formasi tiga pemain belakang seperti saat menghadapi Alaves.

Andoni Gorosabel dan Javi Lopez mungkin akan tetap bermain sebagai bek sayap saat Ander Guevara dan mantan pemain muda Real Madrid, Antonio Blanco, bermain bersama di lini tengah. Sementara Kike Garcia yang berusia 34 tahun akan berusaha untuk kembali bermain di lini depan dengan mengorbankan pemain muda berusia 19 tahun, Samu Omorodion.

Sedangkan untuk Real Madrid, David Alaba akan absen pada sisa musim ini setelah mengalami cedera ACL saat menghadapi Villarreal, dan sang pemain bertahan bergabung dengan Thibaut Courtois, Eder Militao, Eduardo Camavinga (lutut), Dani Carvajal (betis), Vinicius Junior (paha), dan Arda Guler (otot) di ruang perawatan.

Ferland Mendy diragukan tampil karena cedera paha yang didapatnya akhir pekan lalu, sehingga Fran Garcia dapat menggantikan posisi bek kiri. Nacho Fernandez diperkirakan akan menggantikan posisi Alaba sebagai bek tengah bersama Antonio Rudiger.

Mantan penyerang Alaves, Joselu, yang mencetak 36 gol selama tiga tahun di klub tersebut antara 2019 dan 2022, akan berusaha untuk menjadi starter di lini serang Los Blancos di depan Brahim Diaz, sementara Rodrygo akan mempertahankan posisinya di sepertiga akhir.

Prediksi Starting XI Alaves vs Madrid

Alaves (3-4-3)

Antoni Sivera; Abdelkabir Abqar, Rafael Zamora, Ruben Duarte; Andoni Gorosabel, Ander Guevara, Antonio Blanco, Javi Lopez; Alex Sola, Samu Omorodion, Luis Rioja

Pelatih: Luis Garcia

Real Madrid (4-3-3)

Kepa Arrizabalaga; Lucas Vazquez, Antonio Rudiger, Nacho Fernandez, Fran Garcia; Fede Valverde, Toni Kroos, Luka Modric; Jude Bellingham; Brahim Diaz, Rodrygo

Pelatih: Carlo Ancelotti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement