Sabtu 23 Dec 2023 21:07 WIB

Sekjen Perbasi Nirmala Dewi Raih Penghargaan di Malam Anugerah Lintas Politika Award 2023

Nirmala Dewi dinilai mengharumkan nama daerah Sumsel lewat olahraga.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi.
Foto: Dokpri
Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mendapatkan penghargaan dalam malam anugerah Lintas Politika Award 2023. Pemberian penghargaan berlangsung di Hotel Beston, Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Jumat malam (22/12/2023).

Dalam acara itu, dia berhak menerima penghargaan dalam kategori Tokoh Perempuan Inspiratif Nasional atas sumbangsihnya terhadap dunia olahraga. Ini karena Nirmala merupakan wanita yang mampu mengharumkan nama daerah di mata dunia melalui olahraga.

Wanita yang lulus cum laude S2 Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya pada 28 Juli 2023 ini pernah terlibat dalam pelaksanaan SEA Games Jakarta-Palembang tahun 2011. Kemudian berkontribusi dalam Islamic Solidarity Games 2013 di Palembang.

Selanjutnya terlibat dalam ASEAN University Games pada 2014. Di Asian Games 2018, bertugas sebagai staf khusus Erick Thohir saat menjabat Presiden INASGOC dalam Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tahun 2018.

Di sepak bola, Nama Nirmala juga tercatat pernah menjadi bagian Sriwijaya FC pada masa kejayaannya di Liga 1 sebelum akhirnya turun kasta ke Liga 2. Saat itu, dia membantu menguatkan pendanaan klub kebanggaan wong Sumsel itu dengan menjadi Direktur Marketing dan Promosi PT Sriwijaya Optimis Mandiri. 

Dia juga pernah dipercaya menjadi Manajer di Sriwijaya FC U-19 tahun 2018. Kemudian namanya tercatat dalam sejarah kepengurusan bolabasket Indonesia setelah menjadi sekjen wanita pertama dalam kepengurusan PP PERBASI 2019-2024 melalui Munas tahun 2019.

Di bola basket, kontribusinya besar dalam memajukan basket Indonesia. Bersama Perbasi mengantarkan Timnas Basket Putra Juara SEA Games 2021 Hanoi. Pada 2023, giliran Timnas Basket Putri yang diantarkan juara SEA Games Kamboja. 

Kemudian di 2023 juga, Timnas Basket Putri sukses promosi di FIBA Women’s Asia Cup Division A. Di tahun yang sama juga ikut sukseskan pelaksanaan FIBA World Cup 2023. Saat ini, Nirmala juga menjabat SEABA Coordination Council.

"Terima kasih atas kepercayaannya sehingga saya layak mendapatkan penghargaan ini. Tentu saya mengapresiasi penghargaan ini dan akan  memotivasi saya berkarya lebih untuk Indonesia melalui dunia olahraga," jelas Nirmala dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Dijelaskan Nirmala, dunia olahraga telah membentuknya menjadi jiwa yang sportif. Olahraga juga mengajarkan bagaimana berkarya untuk meraih prestasi dengan mengedepankan kebersamaan. 

Bagi Nirmala, dunia olahraga sudah menjadi nafas dalam kehidupannya. Karena itu, dia akan dengan senang hati diajak berkolaborasi dalam perjuangan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia melalui olahraga. 

"Termasuk PSSI yang sebelumnya sempat ramai saya diisukan menjadi sekjen di sana. Prinsipnya, di mana pun posisinya selama ada penugasan dan dibutuhkan negara, kenapa tidak? Saya siap mendedikasikan diri saya untuk kemajuan olahraga Indonesia," jelas Nirmala.

Anugerah Lintas Politika digelar rutin sejak tahun 2015. Banyak tokoh nasional yang pernah hadir dan menerima penghargaan ini seperti Prof Dr H Jimly Ashshidiqie MA, H. Ahmad Sahroni, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji, Dr Ahmad Qodari, Dr Edhie Prabowo, Letjen TNI (Purn) Burhanuddin Amin (Mantan Pangkostrad), H. Alex Noerdin, H. Ishak Mekki serta sejumlah tokoh lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement