Sabtu 23 Dec 2023 21:26 WIB

Debut di Seri A, Yildiz Cetak Gol Saat Juventus Kalahkan Frosinone 2-1

Yildiz mencetak gol pembuka Juventus.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Juventus Dusan Vlahovic
Foto: AP Photo/Marco Alpozzi
Penyerang Juventus Dusan Vlahovic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kenan Yildiz mencetak gol tunggal yang luar biasa dalam debutnya di Serie A dan Dusan Vlahovic masuk dari bangku cadangan untuk merebut kemenangan Juventus di Frosinone.

Bianconeri membutuhkan tambahan tenaga setelah hasil imbang di Genoa. Namun Federico Chiesa, Moise Kean, Mattia De Sciglio, Paul Pogba dan Nicolò Fagioli tidak dapat tampil, sehingga pemain berusia 18 tahun, Kenan Yildiz, mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai starter di Serie A. Dusan Vlahovic duduk di bangku cadangan. 

Ini merupakan debut penuh yang ideal bagi Yildiz. Setelah 12 menit laga, ia menerima umpan dari Filip Kostic, meliuk di antara tiga pemain bertahan dan melepaskan tendangan keras mendatar ke pojok bawah gawang membawa Juventus unggul 1-0. Sekali lagi, seperti yang telah ia lakukan untuk Turki, Yildiz meniru selebrasi menjulurkan lidah Alessandro Del Piero

Yildiz mencoba membalas dengan mengirimkan umpan kepada Kostic di depan gawang, tapi sentuhan pertama rekan setimnya itu membuatnya gagal. Andrea Cambiaso dikartu merah dan akan diskors saat melawan Roma.

Tendangan bebas Enzo Barrenechea masih melebar, namun kedua tim harus kehilangan beberapa pemain akibat cedera otot - Alex Sandro dan Pol Lirola - sebelum babak pertama berakhir.

Wojciech Szczesny harus menepis umpan tarik Matias Soule dari garis pertahanan lawan dan Frosinone menyamakan kedudukan setelah babak kedua dimulai.

Pada menit ke-51, Frosinone menyamakan skor 1-1. Ilario Monterisi memberikan umpan tarik kepada pemain pengganti Jaime Baez di sisi kanan, ia melakukan tusukan ke dalam dan menaklukkan Szczesny dari sudut sempit di tiang dekat untuk membuat skor imbang 1-1.

Manuel Locatelli juga mengalami masalah kebugaran, sehingga Max Allegri melakukan tiga pergantian pemain. Matias Soule melepaskan tembakan yang melebar dari tiang jauh, sementara Stefano Turati menggunakan kakinya untuk menangkis tembakan Dusan Vlahovic.

Szczesny dipaksa terbang untuk menepis tendangan Harroui yang menukik tajam ke atas mistar gawang, lalu McKennie semakin mendekat dengan tendangan voli gunting yang ganas dari dalam kotak penalti yang membentur tiang gawang.

Juve merestorasi keunggulan mereka melalui pemain pengganti Vlahovic, yang berada di bawah tekanan setelah hanya mampu mencetak satu gol dalam 10 pertandingan terakhirnya. Menit ke-81 Ia berhasil melewati kerumunan pemain dan melakukan sundulan melengkung ke pojok atas gawang setelah menerima umpan silang dari McKennie dan membawa Juventus kembali unggul 2-1.

Vlahovic mengira ia telah mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-89 dengan tendangan keras ke tiang dekat. Namun ternyata gol dianulir oleh VAR karena dianggap offside. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement