Selasa 26 Dec 2023 21:46 WIB

Nottingham Forest Permalukan Newcastle United pada Laga Boxing Day

Forest mengalahkan Newcastle 3-1 lewat hattrick Chris Wood, eks striker the Magpies.

Pemain Nottingham Forest Chris Wood (kiri) merayakan golnya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di St James Park, Selasa (26/12/2023).
Foto: Owen Humphreys/PA via AP
Pemain Nottingham Forest Chris Wood (kiri) merayakan golnya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di St James Park, Selasa (26/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nottingham Forest meraih kemenangan penting nan mengejutkan saat menaklukkan Newcastle United 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris di St James Park, Selasa (26/12/2023). Kemenangan pada laga Boxing Day ini sangat penting dalam upaya Forest menjauhi zona degradasi.

Forest berterima kasih kepada Chris Wood. Sang penyerang mencetak hattrick ke gawang mantan klubnya untuk membantu Forest mengamankan kemenangan. Forest yang sempat tertinggal lewat gol penalti Alexander Isak bisa membawa pulang tiga angka berkat trigol Wood.

Baca Juga

Tambahan tiga angka membuat Forest naik satu tingkat ke posisi 16 dengan nilai 17. Unggul lima poin dari Luton Town di batas atas zona degradasi. Namun Forest bisa kembali turun karena Everton (16 poin) belum memainkan pertandingan pekan ke-19. Adapun Luton baru menjalani 17 pertandingan.

Bagi Newcastle, upaya bangkit dari kekalahan dari Luton pada pertemuan sebelumnya gagal. Lebih buruk, posisi Newcastle di peringkat tujuh dengan 29 poin bisa diturunkan Manchester United dan Brighton and Hove Albion yang masing-masing terpaut satu dan dua angka.

Alexander Isak tampaknya membuat tuan rumah memegang kendali ketika dia mencetak gol dari titik putih pada pertengahan babak pertama. Penalti diberikan untuk Newcastle setelah Isak ditekel Ola Aina di kotak terlarang.

Namun Newcastle tak bisa memegang kendali setelah unggul, bahkan tampak rentan oleh serangan balik Forest. Upaya Morgan Gibbs-White melebar bagi tim tamu, sementara Anthony Elanga menyia-nyiakan dua peluang bagus sebelum Forest akhirnya menyamakan kedudukan.

Ia bekerja sama dengan mantan gelandang Inggris U-21 untuk memungkinkan Wood menyamakan kedudukan lewat golnya pada menit pertama injury time.

Wood, yang musim lalu sempat membela Newcastle, menambah golnya tak lama setelah jeda. Mengejar umpan Elanga, ia melewati mantan rekannya Dan Burn untuk mengangkat bola melewati kiper Martin Dubravka.

Dia menutup penampilan bagusnya dengan penyelesaian tenang lainnya setelah umpan terobosan Murillo mengirimnya melewati pertahanan Newcastle yang keropos.

 

Elanga dan Gibbs-White keduanya memiliki peluang untuk menambah skor tapi gagal memaksimalkannya. Meski demikian, skor 3-1 cukup bagi pelatih Nuno Espirito Santo meraih kemenangan pertamanya bersama Forest sekaligus memutus rangkaian tujuh laga tanpa kemenangan yang dicatatkan the Tricky Trees.

Di sisi lain, Newcastle menelan kekalahan keempat mereka dalam lima pertandingan Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement