Kamis 28 Dec 2023 23:37 WIB

Tiba di Indonesia, Thom Haye Mulai Urus Berkas Naturalisasi

Thom memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Solo.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Thom Haye (kanan), calon pemain naturalisasi timnas Indonesia.
Foto: EPA-EFE/ED VAN DE POL
Thom Haye (kanan), calon pemain naturalisasi timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain berdarah Indonesia Thom Haye telah tiba di Jakarta pada Kamis (28/12/2023). Ia akan mengurus proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu merupakan salah satu calon pemain naturalisasi yang disiapkan buat timnas Indonesia. 

Pada pertengahan Desember, Ketum PSSI Erick Thohir sudah memberikan bocoran tentang keinginan untuk menaturalisasi pemain SC Heerenveen itu. Setelah beberapa waktu, Thom Haye pun menyatakan minatnya untuk membela timnas Indonesia. Pemain yang bermain di Eredivisie itu pun mulai menyiapkan berkas untuk proses naturalisasinya.

Baca Juga

"Ada satu calon pemain timnas kita lagi, Thom Haye. Mungkin sore nanti akan datang ke sini (Kemenkumham) untuk mengurus berkas-berkas dulu. Mudah-mudahan dapat lancar," kata anggota Exco PSSI, Endri Erawan di Jakarta, Kamis.

Thom merupakan pemain sepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda, 9 Februari 1995. Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, dan neneknya dari Sulawesi Utara.

Saat ini Eredivisie sedang libur Natal dan tahun baru sejak berakhirnya pekan ke-16 pada 18 Desember. Sejauh musim ini, Thom selalu menjadi andalan di lini tengah Heerenveen. Dari 16 pekan terakhir, pemain kelahiran Amsterdam itu bermain sebagai starter dalam 14 laga di Eredivisie.

Kompetisi level tertinggi sepak bola Belanda itu baru akan mulai lagi pada 13 Januari 2024. Heerenveen dilaporkan akan mengisi kekosomgan dengan uji coba melawan Almere City pada 6 Januari 2024 sebelum kembali tampil di Eredivisie. Laga kompetitif pertama Heerenveen pasca-liburan adalah dijamu PEC Zwolle pada pekan ke-17 Eredivisie pada 14 Januari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement