Selasa 02 Jan 2024 05:23 WIB

Dua Gol Salah Bantu Liverpool Bekuk Newcastle, Jaga Jarak di Puncak Klasemen

Liverpool mengalahkan Newcastle 4-2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield.

Penyerang LIverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Selasa (2/1/2024) dini hari WIB..
Foto: AP Photo/Jon Super
Penyerang LIverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Selasa (2/1/2024) dini hari WIB..

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Winger Liverpool Mohamed Salah dibuat frustrasi oleh Newcastle United pada babak pertama. Namun, Salah akhirnya bisa tersenyum pada akhir laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris yang berlangsung di Anfield.

Walau sempat gagal mengeksekusi penalti pada babak pertama, Salah mencetak dua gol dan satu assist untuk membantu Liverpool menaklukkan Newcastle 4-2 pada Selasa (2/1/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Dua gol ini menjadi salam perpisahan sementara yang manis dari Salah dengan rekan-rekannya. Sebab, ia akan segera bergabung dengan timnas Masir untuk berlaga di Piala Afrika.

Dua gol itu pula membuat Salah sudah mengoleksi 151 gol di Liga Primer Inggris hanya untuk Liverpool.

Meski happy ending, Liverpool dibuat frustrasi tamunya pada babak pertama. Di tengah hujan deras dan angin kencang di Merseyside, Liverpool melancarkan serangan demi serangan ke pertahanan Newcastle tapi gagal berbuah gol. 

Peluang dari titik putih setelah Luis Diaz dijatuhkan di kotak terlarang gagal dimaksimalkan oleh Salah. Penaltinya diselamatkan kiper Newcastle Martin Dubarvka yang tampil brilian pada paruh pertama. Gol Diaz juga dianulir karena offside.

Namun Salah akhirnya mencatatkan namanya di papan skor saat menyambut umpan matang Darwin Nunez di depan gawang yang sudah kosong pada menit ke-49.

Namun gol itu disamakan lima menit berselang oleh Alexander Isak. Ia menyelinap di belakang pertahanan tuan rumah untuk menaklukkan Alisson yang terlanjur keluar dari sarangnya.

Liverpool menekan hingga kembali unggul lewat Curtis Jones pada menit ke-74. Empat menit berselang, giliran Cody Gapko memperbesar keunggulan memanfaatkan umpan matang Salah di depan gawang tim tamu.

Unggul 3-1 tampaknya membuat Liverpool sudah mengamankan kemenangan, tapi tidak demikian adanya.

Newcastle bangkit kembali ketika Sven Botman menyundul tendangan sudut untuk menjadikan kedudukan 3-2 pada menit ke-81.

Newcastle yang berusaha menyamakan skor meninggalkan celah di lini belakang. Diogo Jota lepas dari kawalan untuk berakselerasi menuju gawang Newcastle. Ia dijatuhkan Dubravka dan wasit Anthony Taylor memberikan penalti kedua untuk Liverpool. Kali ini, Salah berhasil mengeksekusinya dengan mengarahkan bola ke sisi kiri, sementara Dubravka melompat ke arah berlawanan.

Gol pada menit ke-86 ini membuat Liverpool memegang kendali pertandingan. Bukannya bertahan, the Reds justru berusaha menambah gol. Namun hingga tujuh menit injury time usai, skor tak berubah.

Liverpool tetap bertahan di puncak dengan nilai 45, unggul tiga poin dari Aston Villa di posisi kedua dan lima angka dari Manchester City di peringkat ketiga. Namun City masih punya satu laga sisa lebih banyak.

Adapun Newcastle tetap berada di posisi sembilan dengan nilai 29.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement