Rabu 03 Jan 2024 19:47 WIB

Timnas Vietnam Kehilangan Pemain Pilar, Jadi Keuntungan untuk Indonesia?

Bek Que Ngoc Hai dan penyerang Nguyen Tien Linh cedera.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Vietnam akan kehilangan beberapa pilar utamanya di Piala Asia 2023akibat cedera. Dua pemain kunci Que Ngoc Hai dan Nguyen Tien Linh kemungkinan besar tidak akan pulih tepat waktu untuk Piala Asia. Keduanya menambah daftar panjang cedera yang dialami tim sepak bola nasional Vietnam.

Otot Hai robek pada Oktober dan cedera itu muncul kembali saat sang bek menjalani sesi latihan pada 15 Desember. Sementara striker Linh menderita cedera otot pangkal paha saat pertandingan liga pada 26 Desember. 

Baca Juga

Duo ini masih dipanggil oleh pelatih kepala Philippe Troussier untuk Piala Asia 2024, tetapi dokter mengatakan sulit bagi mereka untuk pulih tepat waktu.

Mengutip Vnexpress, Rabu (3/1/2024), kemungkinan besar mereka akan dikeluarkan dari daftar skuad sebelum timnas Vietnam bertandang ke Qatar pada 5 Januari.

Cedera Linh dan Hai menambah krisis personel tim Vietnam saat ini. Setelah mengumpulkan tim pada 31 Desember, pelatih Troussier harus mencoret kiper nomor satu Dang Van Lam, bek Nguyen Thanh Chung dan gelandang Hoang Van Toan karena cedera.

Pelatih asal Prancis itu kemudian memanggil bek Bui Tien Dung sebagai penggantinya. Namun pemain tersebut tidak bisa memenuhi persyaratannya karena masalah kebugaran. Gelandang Nguyen Hoang Duc juga mengalami cedera tapi peluang bermain di Piala Asia tetap terbuka.

Piala Asia 2024 berlangsung dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar. Sebanyak 24 tim dibagi menjadi enam grup dan akan bersaing untuk memilih enam tim juara grup, enam tim runner-up, dan empat tim peringkat ketiga terbaik yang masuk ke babak 16 besar. 

Vietnam berada satu grup dengan Indonesia di Grup D, yang juga dihuni Jepang dan Irak. Dengan komposisi ini, lawan yang paling memungkinkan untuk bisa ditaklukkan Indonesia adalah Vietnam. Cedera yang mendera Vietnam mungkin akan sedikit memperbesar peluang Indonesia lolos ke babak 16 besar, minimal sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement