Selasa 09 Jan 2024 07:07 WIB

Diwarnai Kontroversi Penalti, Man United Maju ke Putaran Keempat Piala FA

Wasit sempat ragu memberikan penalti untuk MU.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Manchester United Erik ten Hag.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Manajer Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, WIGAN -- Sebuah penyelesaian yang luar biasa dari luar kotak penalti dan penalti di menit-menit akhir membawa Manchester United melaju ke babak selanjutnya di Piala FA, pada malam ketika mereka menyia-nyiakan banyak kesempatan yang jauh lebih mudah saat menghadapi tim divisi tiga, Wigan.

Diogo Dalot membuka skor di pertengahan babak pertama dengan tendangan halus dari jarak 20 yard yang menggetarkan gawang tim tamu.

Babak kedua yang lebih tenang di DW Stadium sudah cukup bagi the Red Devils untuk memastikan kemenangan, setelah Bruno Fernandes berhasil mengeksekusi sebuah tendangan penalti yang cukup baik.

Didukung oleh 7.000 pendukung tandang, ditambah dengan dukungan dari Newport dan Eastleigh setelah pemenang dari pertandingan ulangan mereka diundi untuk menghadapi pemenang malam ini di babak selanjutnya, United menunjukkan tanda-tanda keteteran di awal pertandingan, namun mereka segera bangkit.

Thelo Aasgaard dengan gemilang menggagalkan tendangan Andre Onana di menit kedua, namun sebenarnya tim League One, League Two, kesulitan untuk mendapatkan pijakan setelahnya.

Marcus Rashford tampil impresif dan melakukan penyelamatan sebelum gol pembuka Dalot di menit ke-22, setelah sebuah umpan tarik dari sang pemain sayap Inggris, namun United gagal menambah keunggulan mereka hingga akhir pertandingan.

Penjaga gawang Wigan, Sam Tickle, hampir saja menepis tendangan Rashford di atas garis gawangnya beberapa saat kemudian sebelum Rasmus Hojlund membentur tiang gawang dengan sundulan jarak dekat, yang kemudian diikuti oleh kegagalan yang buruk dari sang penyerang asal Denmark dan Scott McTominay dari jarak dekat.

Alejandro Garnacho membentur mistar gawang dengan tendangan keras dari jarak jauh sebelum jeda.

Setelah babak kedua dimulai, United tidak memiliki daya gedor seperti serangan mereka sebelumnya dan terlalu lama mempertahankan keunggulan tipis mereka, Kobbie Mainoo hampir mencetak gol kedua di hampir sepanjang babak pertama dengan tendangan dari jarak 20 meter.

Wigan jarang sekali mengancam untuk menyamakan kedudukan, namun Martial Godo melepaskan tendangan dari bola yang jarang terjadi di dalam kotak penalti, sebelum pertandingan ini berakhir dengan sebuah kontroversi.

The Latics dibuat geram oleh jatuhnya Fernandes di bawah kontak tipis dari Liam Shaw saat ia memotong dengan kaki kirinya di dalam kotak penalti. Wasit Anthony Taylor, tanpa bantuan VAR, ragu-ragu sebelum memberikan tendangan penalti, yang dituntaskan oleh Fernandes untuk memastikan kelolosan United ke babak keempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement