Selasa 09 Jan 2024 07:18 WIB

Sepak Bola Jerman dan Eropa Berduka Atas Meninggalnya Franz Beckenbauer

Sejumlah tokoh sepak bola Jerman dan Eropa mengucapkan duka cita.

Franz Beckenbauer
Foto: FREE-FOOTBALL.TV
Franz Beckenbauer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Jerman Franz Beckenbauer, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat dalam sepak bola, telah meninggal dunia dalam usia 78 tahun pada Ahad (7/1/2024), dikutip dari BBC pada Selasa (9/1/2024). Ia memenangkan Piala Dunia sebagai kapten Jerman Barat pada tahun 1974 dan mengangkat trofi itu lagi sebagai pelatih pada 1990.

Meninggalnya Beckenbauer memberikan duka mendalam kepada sepak bola Jerman. Sejumlah tokoh sepak bola menyampaikan duka cita dan pujiannya terhadap Beckenbauer.

Baca Juga

Mantan penyerang Inggris, Gary Lineker, yang bermain di Piala Dunia 1986 dan 1990, mengatakan,"Sangat berduka mendengar bahwa Franz Beckenbauer telah meninggal dunia. Salah satu pemain terbaik dalam permainan kami. Der Kaiser adalah pesepak bola terindah yang memenangkan semuanya dengan keanggunan dan pesona. SELAMAT JALAN."

Penyerang Bayern Munchen dan Jerman, Thomas Muller, bersedih Beckenbauer yang merupakan salah satu pesepak bola terhebat dalam sejarah klub Bavaria tersebut telah meninggalkan mereka.

"Beristirahatlah dengan tenang, Kaisar Franz. Kami tidak akan pernah melupakan apa yang telah Anda lakukan untuk sepak bola di Jerman," kata Muller, dikutip BBC.

Beckenbauer adalah pelatih tim nasional Jerman dari 1984 hingga 1990. Beckenbauer juga sempat menangani Marseille pada tahun 1990, kemudian dua kali menangani Bayern, dan pindah ke bagian administrasi sepak bola setelah meninggalkan jabatan tersebut pada tahun 1996.

Dia menjadi presiden Bayern, mengambil alih posisi wakil presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) pada tahun 1998 dan memimpin komite Jerman yang memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006.

Dia adalah salah satu dari empat orang yang diselidiki atas dugaan korupsi yang terkait dengan turnamen tersebut. Pada tahun 2020, persidangan berakhir tanpa putusan.

"Dia adalah kapten saya di FC Bayern, pelatih saya di tim nasional, presiden kami di Bayern dan dalam semua peran tersebut, dia tidak hanya sukses tetapi juga unik. Sebagai seorang pribadi, dia mengesankan dengan rasa hormatnya yang besar kepada semua orang - karena semua orang setara di hadapan Franz. Sepak bola Jerman kehilangan seorang tokoh terbesar dalam sejarahnya. Kami akan sangat merindukannya," kata Karl-Heinz Rummenigge, salah satu rekan setim Beckenbauer dan kemudian menjadi kepala eksekutif Bayern.

Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) Bernd Neuendorf mengatakan, Beckenbauer adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada di sepak bola. "Dengan dia, kita kehilangan seorang pesepakbola yang unik dan pribadi yang menyenangkan," katanya. "Dengan keceriaan, keanggunan dan pandangannya, dia menetapkan standar di lapangan. Franz Beckenbauer meninggalkan warisan yang luar biasa untuk DFB dan sepak bola secara keseluruhan."

Gianni Infantino, presiden badan sepak bola dunia FIFA, menyebut Beckenbauer sebagai "legenda sepak bola Jerman dan dunia".

"Der Kaiser adalah orang yang sangat hebat, seorang teman sepak bola, seorang juara dan legenda sejati. Kami tidak akan pernah melupakanmu, Franz," katanya.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan bahwa warisan pria Jerman itu sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa tidak dapat disangkal.

"Fleksibilitasnya yang tak tertandingi, transisi yang anggun antara lini pertahanan dan lini tengah, kontrol bola yang sempurna, dan gaya visioner membentuk kembali cara sepak bola dimainkan pada eranya," kata Ceferin.

Dalam sebuah pernyataan, Liga Primer juga menyampaikan duka cita: "Kami sangat sedih dengan meninggalnya Franz Beckenbauer, salah satu pemain terhebat yang pernah ada di sepak bola. Pemenang Piala Dunia sebagai pemain dan manajer, Der Kaiser adalah sosok yang elegan dan juga dominan. Dia akan selalu dikenang."

Peter Shilton, penjaga gawang Inggris dalam kekalahan adu penalti di semifinal 1990 oleh Jerman Barat, mengaku sangat sedih mendengar bahwa Beckenbauer telah meninggal dunia.

"Dia adalah pemain fantastis yang mencapai status kelas dunia. RIP #Legenda," kata dia.

Rival Bayern di Bundesliga, Borussia Dortmund, menyampaikan rasa duka kehilangan seorang pesepak bola Jerman yang hebat. "Beristirahatlah dengan tenang, Franz Beckenbauer. 'Sang Kaiser' akan dikenang selamanya. Pikiran kami bersama keluarga dan semua orang yang dicintainya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement