Rabu 10 Jan 2024 10:38 WIB

Indonesia Kembali Alami Kekalahan Telak pada Uji Coba Jelang Piala Asia, STY Bilang Begini

Semalam, Indonesia dihajar 0-5 oleh Iran.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia kembali mengalami kekalahan pada partai uji coba jelang Piala Asia 2023. Teranyar, pasukan Garuda takluk 0-5 dari Iran di Al Rayyan Training Ground, Doha, Selasa (9/1/2024) malam WIB.

Jika melihat kekuatan lawan, maka kekalahan sepertinya masih bisa dimaklumi. Team Melli berada di peringkat ke-21 FIFA. Jauh di atas awak merah-putih yang kini tertahan di urutan ke-146.

Baca Juga

Kemudian, laga tersebut bersifat tak resmi. Uji coba tertutup. Kedua tim memanfaatkan momen ini untuk melihat kondisi terakhir jelang turnamen final.

Namun ketiga gawangnya lima kali kebobolan, maka ini menjadi sebuah persoalan tersendiri. Lalu bagaimana tanggapan pelatih Shin Tae-yong terkait fakta tersebut?

"Ya kalau lihat hasil pertandingan saja, memang mengecewakan, tapi para pemain sudah bekerja keras," kata STY selepas laga berlangsung.

Ia merasa tidak ada masalah dengan performa pasukannya secara keseluruhan. Ini dari sudut pandang determinasi. Ada usaha untuk memberikan perlawanan.

Pada saat yang sama, STY mengakui, kubunya melakukan beberapa kesalahan di level teknis. Terutama di lini belakang. Tiga gol terjadi karena hal itu.

"Ke depannya, kita akan lebih banyak membiarkan lawan menguasai bola, dan bagaimana kita menyerang balik, menciptakan peluang yang baik," ujar juru taktik asal Korea Selatan ini.

Sesuatu yang lumrah jika STY memakai pendekatan demikian. Timnya tergabung di Grup D. Dalam kelompok tersebut, mereka bersaing dengan Jepang, Irak, Vietnam.

Tiga kontestan lainnya sangat tangguh dalam hal penguasaan bola. Jepang tim terbaik Asia dari segi peringkat FIFA. Irak baru saja menunjukkan kedigdayaan, ketika mengalahkan Indonesia 5-1 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam salah satu rival terberat skuad Garuda di Asia Tenggara.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement