Rabu 10 Jan 2024 15:19 WIB

Ini Jadwal Lengkap Timnas Indonesia pada Babak Penyisihan Piala Asia 2023 di Qatar

Ajang ini dimulai dua hari lagi. Tepatnya sejak 12 Januari-10 Februari 2024.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marselino Ferdinan (melompat) berlatih bersama timnas Indonesia di pemusatan latihan di Antarlya, Turki.
Foto: dok pssi
Marselino Ferdinan (melompat) berlatih bersama timnas Indonesia di pemusatan latihan di Antarlya, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selesai sudah rangkaian uji coba tim nasional Indonesia jelang Piala Asia 2023. Saatnya menatap turnamen final.

Ajang ini dimulai dua hari lagi. Tepatnya sejak 12 Januari-10 Februari 2024. Pasukan Garuda tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, Jepang.

Duel seru bakal tersaji di arena. Lawan kelas atas menunggu Rizky Ridho dan rekan-rekan. Berikut jadwal lengkap awak merah putih selama berpetulang di babak penyisihan.

Pertama Indonesia bertemu Irak. Laga tersebut berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, Doha, Qatar. Tepatnya pada Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Empat hari berselang, pasukan Garuda jumpa Vietnam. Derbi Asia Tenggara. Laga ini dimainkan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Lalu menuju ke partai pamungkas di Grup D. Indonesia akan meladeni ketangguhan Jepang. Laga ini berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (24/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Pelatih Shin Tae-yong sudah memiliki gambaran bagaimana strategi terbaik yang akan ia terapkan. Ini setelah pasukan Garuda mematangkan persiapan jelang turnamen final. Dimulai dari pemusatan latihan di Turki pada Desember tahun lalu. 

Kemudian melakukan tiga laga uji coba. Dua kali melawan Libya. Satunya lagi jumpa Iran.

Hasilnya, Indonesia selalu mengalami kekalahan. Selama periode tersebut, gawang Elkan Baggott dan rekan-rekan kebobolan 11 gol. Mereka hanya mencetak satu gol.

STY santai menyikapi situasi ini. Masih di level pemanasan. Ia menggunakan momen tersebut untuk mencoba berbagai pendekatan. 

"Memang untuk ke depannya, pasti lawan akan lebih banyak menguasai bola. Kami akan berlatih bagaimana bisa menyerang balik, dan bagaimana bisa menciptakan peluang yang baik," kata juru taktik asal Korea Selatan ini selepas duel kontra Iran.

Sebuah pilihan realistis. Ini setelah melihat kualitas rival Indonesia di Grup D. Jepang tim terbaik Asia dari segi peringkat FIFA.

Irak menunjukkan kedigdayaan, ketika mengalahkan Indonesia 5-1, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam salah satu rival terberat awak merah-putih di Asia Tenggara.

Menarik dinantikan bagaimana kiprah Marselino Ferdinan dkk di Qatar. Satu yang pasti, mereka siap memberikan segalanya. Pengamat sepak bola tanah air, Mohamad Kusnaeni berharap fokus anak asuh STY tidak terpengaruh rentetan hasil negatif selama uji coba.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement