Ahad 14 Jan 2024 10:23 WIB

Selain Piala Asia, Piala Afrika Juga Resmi Dimulai dengan Kemenangan Pantai Gading

Pantai Gading tampil sebagai tuan rumah.

Tuan rumah Pantai Gading membuka Piala Afrika dengan menundukkan Guinea-Bissa 2-0, pada laga Grup A di Olympic Stadium of Ebimpe, Sabtu setempat atau Ahad (14/1/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Sunday Alamba
Tuan rumah Pantai Gading membuka Piala Afrika dengan menundukkan Guinea-Bissa 2-0, pada laga Grup A di Olympic Stadium of Ebimpe, Sabtu setempat atau Ahad (14/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ABIDJAN -- Tuan rumah Pantai Gading membuka Piala Afrika dengan menundukkan Guinea-Bissa 2-0, pada laga Grup A di Olympic Stadium of Ebimpe, Sabtu setempat atau Ahad (14/1/2024) dini hari WIB.

Raihan tiga poin membuat Pantai Gading memuncaki klasemen Grup A dengan tiga poin, sedangkan Guinea-Bissau menduduki posisi juru kunci, demikian catatan laman resmi Piala Afrika. Dua tim lain yang menghuni Grup A Piala Afrika adalah Nigeria dan Equatorial Guinea.

Baca Juga

Tuan rumah Piala Afrika tidak pernah kalah pada pertandingan pembukaan sejak 1998, dan hal itu terlihat akan kembali terjadi sejak awal laga.

Meski laga itu dimainkan sedikit lebih lambat dari yang dijadwalkan akibat banyaknya sosok yang memberi pidato sambutan, Pantai Gading tidak membuang waktu saat melawan Guinea-Bissau yang belum pernah memenangi pertandingan di Piala Afrika.

Pantai Gading memecah kebuntuan pada menit keempat. Seko Fofana menerima operan dari Franck Kessie, sebelum menembakkan bola ke sisi kanan atas gawang Guinea-Bissau. 1-0.

Fofana terus mengancam gawang lawan pada babak pertama. Ia tampil tanpa kenal lelah meski bermain di bawah sorotan panas matahari dan kelembaban, untuk melepaskan sepakan kaki kanan keras yang membentur tiang gawang lawan pada menit ke-34.

Guinea-Bissau yang sempat mengalahkan Nigeria pada kualifikasi, masih berusaha mengimbangi permainan tuan rumah. Sayangnya mereka kesulitan menciptakan peluang bersih dan kembali kemasukan pada menit ke-60.

Jean-Philippe Kraso memperlihatkan kemampuannya menjadi andalan Pantai Gading. Ia mengontrol bola di dalam kotak penalti dengan punggungnya menghadap ke gawang, sebelum mengarahkan sepakan voli mendatar untuk membuat timnya memimpin dua gol.

Mantan juara tiga kali Nigeria akan bertemu Equatorial Guinea pada Minggu, sebelum pertandingan-pertandingan Grup B antara Mesir dan Mozambik serta Ghana melawan Cape Verde dimainkan di lokasi yang sama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement