Senin 15 Jan 2024 17:54 WIB

Xavi Dikabarkan Dipecat, Ini Klarifikasi Deco

Barcelona digulung 1-4 oleh Real Madrid

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Wasit Juan Martinez memberikan kartu kuning kepada pemain Barcelona Ronald Araujo (kedua kiri) saat pertandingan final Piala Super Spanyol antara Real Madrid dan Barcelona di Al Awal Park di Riyadh, Arab Saudi, Senin (15/1/2024) dini hari WIB
Foto: EPA
Wasit Juan Martinez memberikan kartu kuning kepada pemain Barcelona Ronald Araujo (kedua kiri) saat pertandingan final Piala Super Spanyol antara Real Madrid dan Barcelona di Al Awal Park di Riyadh, Arab Saudi, Senin (15/1/2024) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona adalah klub yang memiliki tuntutan dan ekspektasi yang tinggi dan melelahkan. Mereka yang tidak mampu tampil di level tertinggi untuk klub sering kali dibuang sesuai kebutuhan. Namun, dengan keadaan yang terjadi di Barcelona saat ini, tidak diragukan lagi, pertanyaan-pertanyaan akan kembali muncul.

Semua fokus tertuju pada masa depam pelatih kepala Barcelona, Xavi Hernandez, saat ini. La Blaugrana telah berjuang untuk menerapkan identitas mereka sendiri ke dalam permainan mereka musim ini, dan secara konsisten mengalami kesulitan. Namun, hasil terakhir sejauh ini merupakan hasil yang paling mengejutkan yang dapat diterima oleh Barcelona.

Baca Juga

Setelah kalah 1-4 atas Real Madrid di final Piala Super Spanyol, tidak heran jika banyak orang yang menuntut Xavi mundur dari kursi pelatih. Sering kali, para pelatih di Barca tidak dapat bertahan lama ketika mereka mulai menunjukkan tanda-tanda kerentanan.

Namun, tampaknya standarnya mungkin sedikit berbeda dalam kasus Xavi. Seperti yang disoroti oleh Fabrizio Romano, Deco baru saja membagikan konsensus dari para petinggi klub mengenai masa depan Xavi setelah kekalahan di Piala Super Spanyol baru-baru ini.

"Pertanyaan-pertanyaan tentang Xavi tidak masuk akal. Dia (Xavi) mendapat kepercayaan penuh dari kami semua. Kekalahan ini tidak mengubah rencana kami."

Meskipun hal ini mungkin membuat beberapa penggemar merasa frustasi, hal ini masih memiliki pemikiran rasional di baliknya. Xavi tetap menjadi salah satu dari sedikit pelatih di Eropa yang mungkin memahami cara bermain Barcelona. Selain itu, bahkan jika Barca menginginkannya, pilihan penggantinya sangat terbatas.

Rafa Marquez, salah satu kandidat yang mungkin, harus pindah ke Barcelona. Namun, lompatan itu juga akan datang dengan berbagai komplikasi baru. Marquez juga masih belum terbukti berada di level teratas dan ia juga berpotensi memiliki banyak penggemar.

Saat ini, yang dibutuhkan Barcelona adalah mengambil langkah mundur dan menilai. Banyak hal yang salah, namun yang dapat dilakukan saat ini adalah Barcelona dapat memperbaiki masalah mereka. Di situlah raksasa Catalan ini harus memperbaiki diri terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement