Kamis 18 Jan 2024 17:49 WIB

Shin Tae-Yong Nyatakan Timnas akan Habis-habisan Melawan Vietnam

Indonesia dan Vietnam harus meraih kemenangan agar tidak tersingkir dari fase grup.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong memberikan instruksi pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Pada pertandingan itu Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong memberikan instruksi pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Pada pertandingan itu Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan bahwa pertandingan melawan Vietnam, Jumat, akan menjadi penentu nasib skuad asuhannya untuk terus melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia dan Vietnam harus meraih kemenangan agar tidak tersingkir dari fase grup, setelah sebelumnya kedua tim sama-sama mendulang kekalahan dari pertandingan pertama Grup D.

Baca Juga

"Pada pertandingan pertama kami sama-sama kalah. Jadi laga besok akan bernilai penting dan kami harus menang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya," ungkap Shin dalam konferensi pers di Doha, Qatar, Kamis (18/1/2024).

Pada pertandingan pertama, Indonesia menderita kekalahan 1-3 saat menghadapi Irak, Senin. Aksi Asnawi Mangkualam dkk tak bisa menyaingi kecepatan dan ketangguhan tim berjuluk Singa Mesopotamia tersebut.

Satu-satunya gol bagi Indonesia disumbangkan Marselino Ferdinan, yang menjadi gol penyeimbang bagi Skuad Garuda di babak pertama. Sayangnya Irak mampu membalas dengan menciptakan dua gol tambahan, dan skor terus bertahan hingga pertandingan usai di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.

Setelah Vietnam, Indonesia masih memiliki pertandingan ketiga melawan Jepang. Namun melihat kualitas permainan dan peringkat Jepang di Asia, peluang Indonesia untuk mendulang poin kemenangan dari mereka terbilang kecil.

Sedangkan Vietnam meski juga mengalami kekalahan saat menghadapi Jepang, Minggu, namun tim berjuluk The Golden Star itu mampu memberikan kesulitan bagi lawannya.

Vietnam sempat menciptakan keunggulan 2-1 atas tim berjuluk The Samurai Blue tersebut, sebelum dibalas dengan kekalahan 2-4. Lalu pada laga ketiga, Vietnam akan menghadapi Irak yang sempat mengalahkan Indonesia pada laga pertama.

Shin menilai bahwa pertemuan timnya dengan kesebelasan asuhan Philippe Troussier itu akan berlangsung sangat sengit. Kedua tim juga sudah berulang kali bertemu dalam sejumlah turnamen, sehingga sudah saling memahami karakter permainan lawan masing-masing.

Shin juga melihat ekosistem sepak bola di Asia Tenggara sedang berkembang. Oleh karenanya baik Indonesia dan Vietnam pun dipastikan akan bermain ngotot demi mengunci kemenangan perdana di ajang tersebut.

"Semoga tim bisa bermain lebih baik dari kemarin dan performa mereka meningkat saat bertemu Vietnam," kata Shin.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement