Jumat 19 Jan 2024 06:27 WIB

Preview Piala Asia 2023 Indonesia Vs Vietnam: Garuda Menjaga Asa

Indonesia wajib mengalahkan Vietnam untuk jaga peluang ke babak 16 besar Piala Asia.

Para pemain timnas Indonesia saat melawan Irak di Piala Asia (ilustrasi). Indonesia akan bertemu Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 dan wajib menang demi menjaga peluang ke babak gugur.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Para pemain timnas Indonesia saat melawan Irak di Piala Asia (ilustrasi). Indonesia akan bertemu Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 dan wajib menang demi menjaga peluang ke babak gugur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan melanjutkan perjalanannya pada Grup D Piala Asia 2023 dengan menghadapi Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB. Vietnam bukan merupakan kekuatan asing bagi Indonesia karena kedua kesebelasan berada dalam satu regional yang sama sehingga kerap berjumpa di pentas Asia Tenggara.

Dengan bercokolnya Jepang dan Irak di Grup D, Vietnam dan Indonesia diperkirakan akan berusaha keras untuk memburu kemenangan saat berhadapan demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga

Setelah dibekuk Irak 1-3 pada pertandingan pertama, Indonesia harus mengamankan tiga poin dan hal itu bisa menjadi modal penting ketika bertemu dengan Jepang pada pertandingan terakhir.

Saat ini, Indonesia menempati posisi juru kunci klasemen sementara Grup D tanpa raihan poin dengan defisit dua gol, sama dengan Vietnam yang menghuni posisi ketiga, tapi unggul produktivitas gol.

Setelah misi mencuri poin dari Irak sirna, kemenangan atas Vietnam adalah langkah selanjutnya yang perlu dilakukan Indonesia agar memiliki modal bagus ketika berhadapan raksasa Asia Jepang.

Jika pada akhirnya skuad Garuda mampu menenggelamkan Vietnam, Indonesia selanjutnya diharapkan dapat menahan imbang atau kalah dengan selisih gol tipis dari Jepang.

Seandainya Indonesia gagal mengamankan poin penuh dari Vietnam, target Shin Tae-yong untuk lolos ke babak 16 besar semakin berat karena harus mengalahkan Jepang pada partai pamungkas.

Skema ideal Timnas Indonesia saat ini untuk lolos ke babak 16 besar adalah menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dengan mengalahkan Vietnam dan menahan imbang Jepang.

Rekor pertemuan tak berpihak  

Sayangnya dalam lima rekor pertemuan terakhir kedua tim, Indonesia tidak diunggulkan. Pada lima pertemuan terakhir kedua tim, Indonesia tercatat hanya bisa menahan imbang dua kali serta dipaksa menelan tiga kekalahan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement