Jumat 19 Jan 2024 11:56 WIB

Kylain Mbappe Buka Peluang Tinggalkan Eropa

Kontrak sang penyerang di PSG sampai Juni 2024.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kylian Mbappe dari PSG mengangkat trofi juara Piala Super Prancis. PSG menjuarai Piala Super Prancis setelah mengalahkan Toulouse 2-0 di Parc des Princes, Kamis (4/1/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/TERESA SUAREZ
Kylian Mbappe dari PSG mengangkat trofi juara Piala Super Prancis. PSG menjuarai Piala Super Prancis setelah mengalahkan Toulouse 2-0 di Parc des Princes, Kamis (4/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kylian Mbappe berbicara tentang karier sepak bolanya. Ia tidak menutup kemungkinan bakal meninggalkan Eropa suata saat nanti.

Mbappe masih berkostum Paris Saint Germain. Kontrak sang penyerang di PSG sampai Juni 2024. Tersisa beberapa bulan lagi.

Baca Juga

Ia menyinggung apa yang terjadi pada musim panas 2023. Sejumlah bintang lapangan hijau menuju Arab Saudi. Beberapa di antaranya, Karim Benzema, Jordan Henderson, Roberto Firmino, serta Neymar Jr.

"Banyak pemain hebat yang telah membentuk sejarah sepak bola, meninggalkan Eropa pada musim panas lalu, dan kita memasuki era baru," kata Mbappe dalam wawancara dengan majalah GQ, dikutip dari dohanews.co, Jumat (19/1/2024).

"Itu bagian dari siklus olahraga ini, dan suatu saat nanti, giliran saya juga yang akan hengkang. Saya tidak khawatir dengan perubahan tersebut. Saya hanya berpikir untuk melanjutkan karier saya dan mengikuti jalan saya sendiri," ujar kapten tim nasional Prancis ini, menambahkan.

Penggemar menanti keputusan terdekat Mbappe. Tentang kelanjutan kariernya setelah Juni 2024. Ada dua opsi.

Pertama, ia berpeluang meninggalkan Paris SG. Kedua ia mencari klub lain. Sementara, lebih dekat dengan opsi kedua tersebut.

Pasalnya, jika tak ada perubahan, Mbappe bakal berstatus agen bebas. Itu berarti ia akan pergi secara gratis. Sebuah kerugian bagi Les Parisiens.

Dua klub besar Eropa dikaitkan dengan pesepak bola 25 tahun itu. Pertama Real Madrid. Berikutnya Liverpool.

El Real pernah mengejar Mbappe pada 2022 lalu. Kesepakatan lisan sudah terjalin. Pada faktanya sang penyerang tetap bertahan di Prancis.

Itu membuat Madrid 'sedikit kesal'. Elite Spanyol tak lagi berapi-api memburu tanda tangan juara dunia 2018 ini. Namun media masih menuliskan keterkaitan kedua pihak.

Belakangan, Liverpool masuk bursa calon pemilik Mbappe. The Reds dinilai mampu lebih memaksimalkan striker 25 tahun itu. Apalagi ada pelatih sekelas Jurgen Klopp di sana.

Eks AS Monaco ini sudah memasuki musim ketujuh di Les Parisiens. Sejauh itu, ia tampil dalam 285 laga di berbagai ajang, dan mencetak 238 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement