Rabu 24 Jan 2024 09:41 WIB

Timnas Indonesia akan Lakoni Laga Bersejarah Malam Ini

Jika lolos ke fase gugur, maka ini akan menjadi sejarah.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Indonesia Vs Jepang di Piala Asia 2023
Foto: Dok. Republika
Timnas Indonesia Vs Jepang di Piala Asia 2023

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Indonesia akan menjalani laga terakhirnya di babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023 dengan melawan raksasa Asia Jepang di Doha Qatar pada hari ini, Rabu (24/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Dari dua pertandingan penyisihan Grup D yang telah dimainkan, Indonesia sudah memetik satu kemenangan saat menghadapi Vietnam pada pertandingan kedua. Sedangkan pada pertandingan pembuka melawan Irak, kesebelasan asuhan coach Shin Tae-yong itu tidak mengakhiri permainan dengan positif.

Baca Juga

Indonesia kini mengantongi tiga poin kemenangan, namun secara statistik belum dipastikan aman melaju ke babak 16 besar Piala Asia.

Timnas Indonesia harus menang, atau minimal bermain imbang melawan Jepang apabila ingin aman lolos dari fase grup untuk melanjutkan ke babak gugur. Apabila kalah melawan Jepang, Timnas Indonesia akan bergantung dengan kekalahan tim lain yang berlomba memperebutkan tiket babak 16 besar lewat jalur tim peringkat tiga terbaik. Jika lolos ke fase gugur, maka ini akan menjadi sejarah. 

Di atas kertas, Jepang jauh lebih diunggulkan dari pada Indonesia bahkan sejak awal Jepang disebut sebagai tin terkuat di Grup D. Dari segi peringkat, tim berjuluk Samurai Biru adalah tim dengan ranking FIFA tertinggi di Asia yakni peringkat ke-7. Sebaliknya, Indonesia (ke-146) adalah tim dengan peringkat terendah di Piala Asia 2023.

Harapan Indonesia untuk memenangkan pertandingan tersebut memang tipis. Tapi apapun bisa terjadi dalam sepak bola. Seperti kekalahan Jepang dari Irak di laga sebelumnya juga terjadi di luar dugaan banyak orang. Selain itu, dalam catatan head to head, Indonesia dan Jepang pernah saling mengalahkan di masa lalu. Melansir data 11v11, Indonesia dan Jepang sudah bersua sebanyak 15 kali di lintas kompetisi.

Terakhir kali Indonesia mengalahkan Jepang terjadi pada 24 Februari 1981 di laga uji coba Internasional yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dua gol dari Bambang Nurdiansyah dan Berty Tutuarima membantu Garuda menang 2-0 atas Samurai Biru.

 

Berikut adalah lima pertemuan terakhir antara kedua tim:

 

- 11/6/1989 (Kualifikasi Piala Dunia): Jepang 5-0 Indonesia 

- 28/5/1989 (Kualifikasi Piala Dunia): Indonesia 0-0 Jepang

- 14/9/1981 (Merdeka Tournament): Jepang 2-0 Indonesia 

- 24/2/1981 (International Friendly): Indonesia 2-0 Jepang

- 11/7/1979 (Merdeka Tournament): Jepang 0-0 Indonesia 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement