Kamis 25 Jan 2024 14:51 WIB

Ini Kunci Kegemilangan Liverpool Hingga Lolos ke Final Piala Carabao

Liverpool menyingkirkan Fulham dengan keunggulan agregat 3-2.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Andreas Pereira dari Fulham (kanan) dan Luis Diaz dari Liverpool berebut bola diudara pada pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Piala Liga Inggris antara Fulham dan Liverpool, di stadion Craven Cottage di London, Inggris, Kamis (25/1/2024) dini hari WIB
Foto: AP
Andreas Pereira dari Fulham (kanan) dan Luis Diaz dari Liverpool berebut bola diudara pada pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Piala Liga Inggris antara Fulham dan Liverpool, di stadion Craven Cottage di London, Inggris, Kamis (25/1/2024) dini hari WIB

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool melanjutkan tren positif. The Reds kini tak terkalahkan di sembilan pertandingan beruntun dari berbagai ajang. 

Teranyar, skuad polesan Jurgen Klopp menahan imbang Fulham 1-1 pada leg kedua semifinal Piala Carabao atau Piala Liga Inggris di Craven Cottage, London, Kamis (25/1/2024) dini hari WIB. Hasil ini meloloskan Virgil van Dijk dan rekan-rekan ke partai puncak Piala Carabao musim 2023/24.

Baca Juga

Liverpool unggul agregat 3-2 atas the Cottagers. Sebelumnya, pada leg pertama di Anfield, sang raksasa menang 2-1. Tanpa sederet amunisi terbaik, the Reds masih bisa bersuara lantang. 

Kubu Merseyside Merah baru saja menjalani sebuah partai sulit. Tuan rumah berani bermain terbuka. Pada akhirnya kubu tamu berjaya.

"Mereka ingin ke final, dan hal-hal semacam ini, saya tahu apa artinya bagi mereka. Saya katakan pada pemain saya, apa artinya ini bagi kami. Namun kami harus menunjukkan kepada dunia luar, bahwa kami sangat menginginkannya," kata Klopp, dikutip dari laman resmi klubnya.

Ia melihat para penggawa Liverpool menerjemahkan pemikirannya dengan baik. Semua yang turun memberikan segalanya. Bahkan pemain muda seperti Bobby Clark pun ikut dilibatkan.

Klopp kembali bereksprimen. Joe Gomez ditempatkan sebagai bek kiri. Itu karena Andre Robertson lama mendekam di ruang perawatan.

Kini Robertson sudah pulih. Namun terlalu berisiko jika kapten tim nasional Skotlandia itu langsung diturunkan di partai seketat ini. Alasan ini yang membuat Gomez kembali dimainkan di area tersebut.

"Tanpa Joe, tidak akan ada (solusi) dalam 13 atau 14 pekan terakhir sejak Robbo absen. Dia seorang bek sejati. Dia melakukannya dengan sangat baik," ujar Klopp.

Begitupun dengan area bek kanan. Jika dalam keadaan lengkap, Trent Alexander-Arnold tak tergantikan. Namun, kini sang wakil kapten mengalami cedera.

Klopp memutar otak memanfaatkan amunisi tersisa. Conor Bradley naik ke permukaan. Pemuda 20 tahun itu tampil sangat bagus, menggantikan peran seniornya.

Liverpool akan bertemu Chelsea pada final Piala Carabao di Stadion Wembley, pada 25 Februari 2024. Sebelum sampai di laga tersebut, terlebih dahulu the Reds menyelesaikan sejumlah pertandingan lain. Luis Diaz dkk bakal meladeni ketangguhan Norwich City pada putaran keempat Piala FA di Stadion Anfield, akhir pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement