Jumat 26 Jan 2024 10:29 WIB

Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar, Kapten Timnas: Tuhan Menjawab Do'a dan Usaha Kita

Sang kapten adalah pahlawan timnas saat menghadapi Vietnam.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar turut bersuara terkait keberhasilan mereka lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Kapten tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar turut bersuara terkait keberhasilan mereka lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kapten tim nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar turut bersuara terkait keberhasilan mereka lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Target tercapai.

Pasukan Garuda salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik yang melaju ke tahapan itu. Sejarah baru tercipta. Pertama kalinya awak merah-putih berada di fase tersebut. 

Baca Juga

Asnawi tak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Petualangan mereka di Qatar berlanjut. Meski sangat gembira, ia tidak sampai memperlihatkan sikap jemawa.

"Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab do'a dan usaha kita," kata pesepak bola kelahiran Makassar itu di situs resmi PSSI yang dikutip pada Jumat (26/1/2024).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga bereaksi. Erick bersyukur atas apa yang terjadi. Situasi di pertandingan lain, turut berpengaruh pada perjalanan Indonesia.

Duel antara Kyrgyztan versus Oman di Grup F berkesudahan imbang. Papan skor di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis (25/1/2024) malam WIB menunjukkan angka 1-1. Keadaan demikian membuat awak merah-putih menjadi bagian dari salah satu peringkat ketiga terbaik.

"Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan timnas Indonesia," tulis Erick di instgramnya.

Dramatis. Setelah Bahrain mampu mengatasi Yordania, peluang anak asuh STY melaju ke tahapan berikutnya, menipis. Namun segala sesuatu bisa terjadi dalam sepak bola.

Terlihat para penggawa Garuda memantau laga antara Kyrgyztan melawan Oman dari hotel tempat menginap. Setelah hasilnya imbang, Jordi Amat dan rekan-rekan merayakan dengan girangnya. Saatnya melanjutkan apa yang sudah dimulai.

Indonesia bertemu Australia pada babak 16 besar. Laga ini dimainkan di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Jelas, itu bukan partai yang mudah bagi pasukan Garuda. Lawan berada di level top dunia. The Socceroos kini menempati urutan ke-25 FIFA, jauh meninggalkan awak merah putih di tangga ke-146.

Namun, Justin Hubner dan rekan-rekan harus berjuang sampai titik darah penghabisan. Ini sepak bola. Semua perlu dibuktikan di lapangan.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D di Piala Asia 2023 ini, bersama Irak, Vietnam, serta Jepang. Pada partai pertama, pasukan Garuda takluk 1-3 dari Irak. Selanjutnya, Marselino Ferdinan dkk mengalahkan Vietnam, 1-0. Lalu di pertandingan pamungkas babak penyisihan, awak merah-putih kalah 1-3 saat berhadapan dengan Samurai Biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement