Jumat 26 Jan 2024 17:26 WIB

Jordi Amat Bangga Bisa Cetak Sejarah Bersama Indonesia di Piala Asia: Ini Gila!

Untuk kali pertama dari lima partisipasi, Indonesia lolos ke babak gugur Piala Asia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Jordi Amat dari Indonesia (belakang) menjaga Ayase Ueda dari Jepang pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Indonesia di Al Thumama di Doha, Qatar, Rabu, (24/1/2024).
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Jordi Amat dari Indonesia (belakang) menjaga Ayase Ueda dari Jepang pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Jepang dan Indonesia di Al Thumama di Doha, Qatar, Rabu, (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak gugur Piala Asia 2023 setelah laga imbang antara Kirgistan melawan Oman. Hasil itu membuat Indonesia lebih berhak duduk sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik yang lolos ke babak 16 besar. Seluruh tim dan masyarakat Indonesia pun bersuka cita atas keberhasilan tersebut.

Bek timnas Indonesia Jordi Amat tak bisa menahan perasaan bahagia yang meluap-luap. Ia menyebut ini sebagai hal gila yang harus disyukuri. Ini merupakan kali pertama sepanjang sejarah, Indonesia berhasil lolos ke fase gugur. Keberhasilan skuad Merah Putih itu menjadi tonggak sejarah penting kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca Juga

"Kita mencetak sejarah. Ini gila. Kita berhak mendapatkannya karena kami ada di grup yang berat, tapi kita berhasil mewujudkannya," kata Jordi dalam keterangan PSSI, Jumat (26/1/2024).

Perjalanan Jordi Amat cs memang tidak mudah di Piala Asia 2023 ini. Mereka tergabung dalam grup neraka, Grup D bersama tim-tim kuat seperti Irak, Jepang, dan Vietnam. Meskipun gagal menang melawan Irak dan Jepang, Indonesia mampu menunjukkan perlawanan sengit dan selalu mampu mencetak gol. Selain itu, kemenangan 1-0 melawan Vietnam juga patut diapresiasi. 

Tiga poin membawa Indonesia duduk di peringkat ketiga Grup D. Nasib Indonesia pun ditentukan melalui hasil dari grup sebelah. 

Namun perjuangan anak asuhan Shin Tae-yong tak bisa dikesampingkan. Mereka telah melalui setiap pertandingan di Grup D dengan baik padahal lawan-lawan yang dihadapi berada di level yang jauh di atas mereka.

"Kami berjuang bersama-sama. Ini adalah keluarga yang besar, semua pemain mengerahkan segalanya untuk seragam ini. Kita harus bangga dengan momen ini, mari berjuang dan kami akan melakukan semuanya di babak berikutnya. Saya percaya kami bisa menghadirkan pertandingan yang baik," kata Jordi.

Setelah mendapatkan tiket ke babak 16 besar, skuad Garuda kini bersiap untuk menghadapi Australia. Laga Indonesia vs Australia akan memulai rangkaian pertandingan babak 16 besar. Asnawi Mangkualam dkk akan menantang Australia di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, pada Ahad (28/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement