Jumat 26 Jan 2024 21:37 WIB

Timnas Indonesia U-20 Kecolongan Gol Menit Akhir, Takluk 1-2 dari Thailand U-20

Indonesia unggul lebih dulu, tapi kebobolan dua gol pada menit kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Laga Indonesia U-20 vs Thailand U-20.
Foto: dok PSSI
Laga Indonesia U-20 vs Thailand U-20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 kecolongan pada menit-menit akhir saat melakoni laga uji coba melawan Thailand U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/1/2024) malam. Skuad Garuda Nusantara yang unggul lebih dulu terkena comeback lawan dan harus mengakui kekalahan dengan skor 1-2.

Thailand menekan pertahanan Indonesia di menit-menit awal pertandingan. Ada kesalahan komunikasi di lini pertahanan Indonesia. Namun beruntung percobaan dari Jonah Nathan masih dapat dihentikan di lini pertahanan. 

Baca Juga

Peluang pertama Indonesia terjadi pada menit ketujuh saat Arkhan Kaka menerima umpan terobosan dari Kafiatur. Arkhan berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan. Namun tendangan kaki kanannya masih dapat diblokir.

Serangan balik dilancarkan Thailand, tapi percobaan mereka kembali dihentikan. Sejurus kemudian peluang kembali dimiliki Arkhan dari serangan balik cepat tapi lagi-lagi dihentikan kiper Kitiltipong Bunmak.

Indonesia akhirnya unggul pada menit ke-12. Berawal dari umpan terobosan yang diterima Doni Tri di sisi kanan pertahanan Thailand, kemudian ia melepaskan umpan tarik kepada Toni Firmansyah yang melesatkan tembakan langsung ke gawang. Skor 1-0 untuk Indonesia. 

Indonesia lebih banyak mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Thailand. Beberapa peluang ke gawang Thailand berhasil diciptakan Indonesia dari sisi kiri serangan. Meskipun belum ada peluang lain yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh skuad Garuda. 

Sementara itu, Thailand tampak kesulitan untuk menembus lini pertahanan Indonesia. Tim asuhan Yuki Richard Stalph itu memang bermain dengan garis serangan tinggi, tapi lini pertahanan Indonesia bekerja dengan baik untuk membendung ancaman dari Thailand. Skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Indonesia hingga turun minum.

Thailand lebih agresif menyerang di paruh kedua. Jonah menjadi ujung tombak Thailand untuk melancarkan ancaman ke gawang Indonesia. Namun pertahanan Indonesia masih solid untuk menghentikan sejumlah upaya dari lawan.

Peluang dari tendangan bebas dimiliki Indonesia di menit ke-54. Figo Dennis yang masuk dari bangku cadangan mengeksekusi bola mati tersebut dan mengarahkan bola langsung ke gawang. Namun kiper Bunmak berhasil menepis bola yang mengarah ke sisi kanan gawang.

Gawang Indonesia kebobolan pada menit ke-63 melalui tembakan Paripan yang baru masuk dari bangku cadangan. Pemain itu membuka ruang di lini tengah serangan, dan langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti saat melihat ruang terbuka di sisi kanan Andrika. Skor berubah 1-1.

Peluang dari serangan balik dimiliki Indonesia pada menit ke-71. Doni Tri membuka ruang di sisi kiri sebelum akhirnya melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Namun itu bola masih dapat ditepis pemain belakang Thailand dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Indonesia kebobolan di menit-menit akhir dari situasi tendangan sudut. Pemain pengganti, Pikanet Laohawiwat mendapatkan bola kedua di sisi jauh kotak penalti. Ia yang berdiri bebas tanpa penjagaan langsung melepaskan tembakan setengah voli dan berhasil menggetarkan gawang Indonesia. Skor 2-1 untuk keunggulan Thailand. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement