Sabtu 27 Jan 2024 19:26 WIB

Australia Sangat Dominan Atas Indonesia, Begini Catatan Tiga Pertemuan Terakhir Kedua Tim

Australia mencatatkan dua kemenangan dan sekali imbang lawan Indonesia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Timnas Australia, lawan Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Timnas Australia, lawan Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Beragam versi muncul terkait jumlah head to head Australia versus Indonesia. Namun dikutip dari laman resmi timnas Australia, kedua kubu sudah 15 kali bertemu.

Pertama kali kedua tim berhadapan pada 1967. Sejak itu, pasukan Negeri Kanguru hanya terjungkal oleh Indonesia. Selebihnya Australia mengoleksi 11 kemenangan dan tiga duel lainnya berkesudahan imbang.

Baca Juga

Kini kedua tim bertemu lagi pada babak 16 besar Piala Asia 2023. Duel ini berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Ahad (28/1/2024) pukul 18.30 WIB. 

Meksipun bertetangga, kedua tim tak begitu sering bertemu. Selama dua dekade ke belakang, Indonesia hanya bertemu Australia tiga kali dengan hasil dua kemenangan untuk Australia dan sekali imbang.

Pada 2005, the Socceroos terlalu perkasa dalam laga persahabatan di Perth. Jawara Oceania unggul 3-0 atas skuad Garuda. Ante Milicic mencetak brace. Satu gol tuan rumah lainnya tercatat atas nama David Zdrilic.

Empat tahun berselang pada Januari 2009, kedua tim bertemu, kali ini di Kualifikasi Piala Asia. Duel di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta itu, berkesudahan imbang 0-0. 

Ketiga pada Maret 2010. Kedua tim kembali bertarung pada ajang Kualifikasi Piala Asia. Australia unggul 1-0 atas Indonesia di Stadion Suncorp, Brisbane. Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak oleh Mark Milligan.

Setelah itu, kedua tak pernah bersua lagi, sampai kini bertemu pada babak gugur Piala Asia 2023. 

Australia tergabung di Grup B Piala Asia 2023 ini. The Socceroos mengawali petualangan di turnamen dengan menghadapi India. Anak asuh Graham Arnold unggul 2-0 atas the Blue Tigers.

Selanjutnya, Australia jumpa Suriah. Tim yang dulunya menjadi raja di Oceania ini menang tipis 1-0 atas skuad polesan Hector Cuper. Hasil demikian sudah cukup meloloskan the Socceroos ke tahapan selanjutnya.

Pada partai pamungkas di babak penyisihan, Australia ditahan imbang 1-1 Uzbekistan. Tim yang berada di urutan ke-25 FIFA itu finis sebagai juara Grup B. 

Sementara Indonesia lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Indonesia finis ketiga di Grup D, grup neraka yang dihuni Jepang, Irak, dan Vietnam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement