Ahad 28 Jan 2024 20:50 WIB

Timnas Indonesia Takluk 0-4 dari Australia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Australia mencetak dua gol pada menit-menit akhir pertandingan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Agus raharjo
Bek Indonesia Elkan Baggot saat tampil bersama Timnas Indonesia melawan Australia pada pertandingan 16 besar Piala Asia di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024).
Foto: AP Photo/Aijaz Rahi
Bek Indonesia Elkan Baggot saat tampil bersama Timnas Indonesia melawan Australia pada pertandingan 16 besar Piala Asia di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan menerima kekalahan 0-4 menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024) pukul 18.30 WIB. Indonesia sejatinya memberikan perlawanan di babak pertama namun perubahan di babak kedua tak memperbaiki keadaan.

Kedua belah pihak tidak menunjukkan kegelisahan saat mereka mencari gol awal. Australia mendominasi penguasaan bola di awal-awal pertandingan, namun Indonesia juga memberikan perlawanan.

Baca Juga

Peluang bagi Indonesia di menit ketujuh saat Struick menerima bola bagus dari sisi kiri dan mencoba menggunakan kakinya untuk mengarahkannya ke sudut atas tiang dekat. Sayang, percobaan Struick masih melenceng dari sasaran. Indonesia mencoba terus menyerang pertahanan Australia, namun, tekanan para pemain Timnas belum membahayakan untuk kiper lawan.

Sementara itu, Australia berhasil memetik keunggulan di menit ke-12. Irvine memutuskan untuk menguji penjaga gawang Indonesia Ernando dari sisi kanan dengan tembakan ke gawang. Namun bola memantul terkena Baggott dan melewati Ernando. Skor 1-0 untuk Australia.

Peluang bagi Indonesia di menit ke-17 saat Sayuri menerima umpan silang dari sisi kiri di dalam kotak. Namun, kiper Australia Mathew Ryan mengambil keputusan tepat untuk meninggalkan posisinya dan memblokir upaya dari Yakob. Peluang lain dari Hubner melalui tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-23 ke sudut kanan gawang masih dapat diamankan Ryan.

Yakob gagal memaksimalkan umpan dari Marselino di menit ke-38. Tendangan setengah volinya masih meleset jauh dari sasaran. Dua menit berselang peluang lain dari tendangan Marselino saat ia diberikan ruang tembak oleh Sandy Walsh di luar kotak penalti. Namun tembakannya meleset jauh dari sasaran.

Australia menggandakan keunggulan di menit ke-45. Umpan silang dari berhasil dikonversi dengan baik oleh Boyle di sudut kiri gawang. Boyle menerima umpan dengan sundulan terbang. Skor 2-0 bagi keunggulan Australia bertahan hingga turun minum.

Australia tampak menurunkan intensitas di babak kedua. Sementara Indonesia mencoba mendominasi serangan tapi pertahanan empat bek Australia masih sulit ditembus oleh pemain Indonesia. Belum ada peluang berarti dari kedua tim sejauh ini.

Australia mendapatkan tendangan sudut di menit ke-73. Atkinson mengirimkan umpan tapi berhasil disapu keluar dan menghasilkan tendangan sudut lainnya. Tendangan sudut kedua disundul oleh pertahanan Indonesia, sebelum tendangan sudut ketiga dikirim jauh ke luar kotak penalti.

Lini serang Indonesia menemui jalan buntu untuk menembus pertahanan Australia. Australia memperlebar kedudukan di menit ke-89. Tandukan dari Irvine saat menerima umpan dari Atkinson berhasil ditepis Ernando, tapi bola kedua diselesaikan dengan baik oleh tandukan Craig Goodwin. Skor 3-0 untuk Australia.

The Socceroos menambah keunggulan menjadi 4-0 dari gol tandukan Souttar ketika menerima umpan dari tendangan bebas Goodwin. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang ditiup oleh wasit.

Susunan pemain kedua tim:

Australia (5-3-2): Mathew Ryan (kiper); Kye Rowless, Jordan Bos, Aziz Behich, Harry Souttar, Gethin Jones; Jackson Irvine, Keanu Baccus, Riley McGree; Martin Boyle, Bruno Fornaroli.

Pelatih: Graham Arnold

Indonesia (5-2-3): Ernando Ari (kiper); Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Justin Hubner

Pelatih: Shin Tae-Yong

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement