Senin 29 Jan 2024 11:44 WIB

Ini yang Buat Shin Tae-yong Tetap Bangga kepada Timnas Indonesia

Pasukan Indonesia benar-benar menunjukkan kerja keras.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Shin Tae Yong
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Shin Tae Yong

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Langkah timnas Indonesia di Piala Asia 2023 terhenti setelah takluk 0-4 dari Australia di babak 16 besar yang berlangsung di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024) malam WIB. Kendati demikian, pelatih Shin Tae-yong memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Asnawi Mangkualam dkk yang telah berjuang hingga titik ini.

"Pertama-tama, selamat kepada Australia. Terima kasih atas kerja keras Anda. Kami belajar banyak dari Anda. Jujur saja kalau saya menilai, jika menilai performa tim kita, pertandingan hari ini adalah pertandingan terbaik di antara empat pertandingan terakhir, termasuk pertandingan hari ini bagi saya," kata Shin usai pertandingan, Ahad (28/1/2024).

Baca Juga

Indonesia bermain keluar dan dengan berani menekan pertahanan Australia. Namun, gol pertama dari gol bunuh diri Elkan Baggott menurutnya telah merubah cara bermain tim. "Jadi jika kami tidak kebobolan gol itu, keseluruhan permainan akan berubah. Jadi menurut saya dalam konteks permainan, kami sebenarnya tidak bermain buruk," kata dia.

"Jadi terlepas dari empat gol yang kami kebobolan, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain saya. Dan saya sangat senang akan hal itu," ujarnya menambahkan. 

Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan keputusannya untuk mengarahkan pemain bermain menyerang dari pada bertahan dan mengharapkan pemenang pertandingan ditentukan melalui adu penalti. Ia mengungkapkan telah mempelajari permainan Australia dan berambisi memenangkan pertandingan. 

"Kami memang tidak punya banyak kekuatan, tapi saya pribadi berpikir kami bermain sepak bola untuk memenangkan pertandingan. Saya pikir kami bermain sepak bola untuk memenangkan pertandingan dan mencetak lebih banyak gol. Saya memikirkan cara terbaik untuk memenangkan pertandingan. Namun, pada akhirnya, kami tidak pandai mencetak gol," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement