Selasa 30 Jan 2024 13:45 WIB

Arteta Puji Jurgen Klopp, Ungkap Cara Melepaskan Stres Sebagai Pelatih

Arteta mengatakan banyak hal melepas stres, di antaranya meditasi.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) bersitegang dengan pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) bersitegang dengan pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta diminta berbicara tentang Jurgen Klopp. Arteta memuji juru taktik Liverpool itu.

Belakangan, sorotan kamera tertuju pada Klopp. Pria Jerman ini membuat keputusan yang mengejutkan berbagai pihak. Ia bakal hengkang dari Anfield setelah musim 2023/24 berakhir.

Baca Juga

"Saya pikir dia membuat liga ini jauh lebih baik. Pertama-tama karena orangnya, karakter, karismanya, ide, dan hasratnya terhadap permainan, merupakan sesuatu yang istimewa. Saya pikir dia punya kontribusi besar bagi pertumbuhan liga ini," kata Arteta, dikutip dari dailymail.co.uk, Selasa (30/1/2024).

Klopp menjelaskan alasan di balik keputusannya. Ia merasa sudah kehabisan energi untuk mengaristeki Liverpool. Ada banyak tanggung jawab yang dilakukan di dalam dan di luar lapangan, secara profesional.

Ia melakukannya dengan baik selama sembilan tahun bertugas di Anfield. Kini, demi kebaikan bersama, ia memutuskan untuk berpisah. Klopp sengaja mengumumkan pada pertengahan musim, agar klub tidak tergesa-gesa mencari pengganti.

"Ketika Anda melihat emosi yang dia tunjukkan, dan Anda melihat sisi kemanusiaannya, menjelaskan alasan di balik keputusannnya, juga tantangannya, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kami, saya pikir dia sudah tepat," ujar Arteta.

Pria Spanyol ini memahami situasi juru taktik asal Jerman itu. Klopp sudah 24 tahun menjadi pelatih. Saatnya yang bersangkutan menjalani kehidupan normal.

Arteta mengakui penting bagi pelatih untuk menjauh dari sepak bola demi menyegarkan pikiran. Sebab, tekanan dalam pekerjaan ini sangat berat.

Ia mengaku memiliki momen-momen pada siang hari ketika melakukan hal-hal tertentu yang membuat segalanya menjadi buruk. Otak, kata dia, bisa bekerja seperti 160 km per jam dan kita tidak dapat melihat gambar dengan jelas.

"Terkadang Anda perlu menurunkannya. Ada cara untuk melakukannya, keluarga Anda, terkadang meditasi, terkadang olahraga adalah cara yang bagus untuk melupakan hal-hal tersebut, berbicara dengan orang lain. Ada banyak hal yang Anda butuhkan," kata dia membagikan resep menghilangkan stress menjadi pelatih.

Beberapa jam lagi Arteta akan bekerja keras memutar otak di pinggir lapangan saat Arsenal melanjutkan petualangan di Liga Primer Inggris. The Gunners bertemu tuan rumah Nottingham Forest di City Ground, Rabu (31/1/2024) pukul 02.30 WIB.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 5 4 1 0 13 8 13
2 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
3 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
4 Arsenal Arsenal 5 3 2 0 8 5 11
5 Chelsea Chelsea 5 3 1 1 11 6 10
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement