Selasa 30 Jan 2024 23:16 WIB

Uzbekistan ke Perempat Final Piala Asia Setelah Tundukkan Thailand

Uzbekistan mengalahkan Thailand 2-1 pada laga 16 besar Piala Asia 2023.

Para pemain Uzbekistan merayakan pada akhir pertandingan babak 16 besar Piala Asia antara Uzbekistan dan Thailand di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Selasa, 30 Januari 2024. Uzbekistan menang 2-1.
Foto: AP/Aijaz Rahi
Para pemain Uzbekistan merayakan pada akhir pertandingan babak 16 besar Piala Asia antara Uzbekistan dan Thailand di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Selasa, 30 Januari 2024. Uzbekistan menang 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uzbekistan melaju ke perempat final Piala Asia 2023 setelah menundukkan Thailand 2-1, pada pertandingan 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Selasa (30/1/2024). Negara Asia Tengah itu selanjutnya akan berhadapan tuan rumah sekaligus juara bertahan, Qatar, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

Uzbekistan digadang-gadang menjadi kuda hitam untuk merebut gelar, dan mereka membuka keunggulan melalui gol Azizbeek Turgunboev. Thailand sempat menyamakan kedudukan melalui gol pemain pengganti Supachok Sarachat pada awal babak kedua, sebelum Uzbekistan memastikan tiket perempat final melalui gol Abbosbek Fazzluyaez pada fase akhir laga.

Baca Juga

Thailand merupakan tim yang tidak diunggulkan. Namun, tim Gajah Putih tampil meyakinkan dengan tidak kemasukan gol sama sekali saat memainkan tiga pertandingan di fase grup. Thailand finis di posisi kedua di grupnya.

Oston Urunov memiliki tiga peluang untuk mendobrak pertahanan Thailand pada 25 menit pertama, dan kemudian kiper Thailand Patiwat Khammai dapat menggagalkan upaya Jaloliddin Masharipov.

Perlahan-lahan Uzbekistan mampu mengendalikan permainan, dan mereka lantas membuka keunggulan pada menit ke-37. Turgunboev menguasai bola dengan dadanya di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan melewati sela-sela kaki kiper Patiwat. Itu merupakan gol kedua Turguboev pada Piala Asia tahun ini.

Pelatih Thailand Ishii Masatada membuat dua pergantian pemain saat turun minum, dengan memasukkan Suphanat Muenta dan Supachok. Keputusan tersebut berbuah manis pada menit ke-58. Supachok bertukar operan dengan Supachai Chaided, sebelum melesakkan bola ke sudut bawah gawang dari luar kotak penalti.

Kedudukan imbang tidak bertahan lama. Sebab pada menit ke-65, Uzbekistan merestorasi keunggulan mereka. Fayzullaev masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan melalui sela-sela kaki pemain bertahan Thailand dan menuju sudut bawah gawang.

Bek tengah Elias Dolah memiliki peluang terbaik Thailand untuk menyamakan kedudukan kedua kalinya. Namun tandukan pemain Bali United itu melambung di atas mistar gawang Uzbekistan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement