Ahad 04 Feb 2024 15:02 WIB

F1 Umumkan Perpanjangan Kontrak GP Jepang di Suzuka Hingga 2029

Dengan kurva S yang ikonik, Sirkuit Jepang jadi salah satu trek yang terkenal.

Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda melewati garis finis untuk memenangi Grand Prix Formula Satu Jepang di Sirkuit Suzuka, Suzuka, Jepang tengah, Ahad, (24/9/2023)
Foto: Toshifumi Kitamura/Pool via AP
Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda melewati garis finis untuk memenangi Grand Prix Formula Satu Jepang di Sirkuit Suzuka, Suzuka, Jepang tengah, Ahad, (24/9/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Formula 1 resmi mengumumkan perpanjangan kontrak Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka untuk berada dalam kalender balapan hingga tahun 2029. Suzuka adalah sirkuit khusus dan merupakan bagian dari struktur olahraga ini.

"Saya senang F1 akan terus balapan di sirkuit ini hingga setidaknya tahun 2029,” kata Presiden dan CEO Formula 1 Stefano Domenicali, dikutip dari laman resmi Formula 1, Ahad (4/2/2024).

Baca Juga

Sirkuit Suzuka dengan 18 tikungan berkecepatan tinggi dinilai merupakan salah satu favorit para pembalap dan penggemar. Dengan kurva berbentuk huruf 'S' yang ikonik, ini menjadikannya salah satu trek paling terkenal di F1.

Suzuka pun telah menjadi tuan rumah bagi banyak momen berkesan di Formula 1, dengan 12 kejuaraan diadakan di sana, termasuk ketika Max Verstappen memastikan gelar keduanya berturut-turut pada tahun 2022.

Musim ini, GP Jepang akan diadakan pada bulan April, tepat di antara GP Australia dan GP China. Ini merupakan upaya penyelenggara kelas balap premier itu untuk menjadikan kalender balapan tahun 2024 lebih efisien dan hemat energi.

Adapun GP Jepang tahun lalu dihadiri oleh 222 ribu penggemar selama akhir pekan balapan. Selain menantikan para pembalap favorit seperti Verstappen dan Sergio Perez, kehadiran pahlawan lokal mereka, Yuki Tsunoda, juga memberikan warna tersendiri.

“Penggemar kami di Jepang menyambut Formula 1 dengan semangat yang unik, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan promotor untuk memberikan pengalaman yang layak mereka dapatkan kepada para penggemar di tahun-tahun mendatang,” kata Domenicali.

Sependapat, Presiden dan Direktur Perwakilan Honda Mobilityland Corporation Tsuyoshi Saito mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus berkelanjutan.

“Kami bertujuan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan saat ini kami sedang bersiap menyambut banyak penggemar untuk GP Jepang pada bulan April, pertama kalinya acara tersebut diadakan pada musim semi,” kata Saito.

Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 sendiri akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement