Rabu 07 Feb 2024 17:52 WIB

Liverpool Rupanya Sudah Kontak Xabi Alonso Tahun Lalu untuk Gantikan Klopp

Alonso memberi pengaruh besar di Leverkusen meski baru menjalani musim penuh pertama.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso
Foto: Harry Langer/dpa via AP
Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool dilaporkan melakukan kontak dengan Xabi Alonso untuk mengambil alih jabatan manajer klub musim depan pada bulan November. Alonso sangat difavoritkan untuk menjadi bos baru The Reds musim depan setelah Jurgen Klopp mengungkapkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari perannya setelah delapan setengah tahun memoles Liverpool.

Klopp mengatakan kepada para pendukungnya melalui pesan video yang emosional bulan lalu bahwa dia kehabisan energi. Ia akan mengundurkan diri dari perannya sebagai manajer pada akhir musim ini. 

Baca Juga

Sementara the Reds agak berduka atas kepergian pemain Jerman itu, mereka dihadapkan pada tugas untuk menemukan seseorang untuk menggantikan orang yang telah membantu klub kembali menjadi salah satu raksasa sepak bola dunia.

Menurut Foot Mercato, proses itu dimulai beberapa bulan yang lalu, dengan kontak pertama dilaporkan sudah dilakukan dengan kandidat utama setelah Klopp memberi tahu klub secara rahasia pada bulan November.

Menurut laporan tersebut, Alonso berada di puncak daftar calon manajer baru klub. Alonso bermain untuk Liverpool antara 2004 dan 2009 dan merupakan bagian dari tim pemenang Liga Champions pada 2005. 

Meskipun kontak pertama kemungkinan besar adalah untuk memahami apakah ada kemungkinan pelatih berusia 42 tahun itu mengambil alih mantan timnya, masalahnya menjadi lebih rumit karena dia saat ini menjabat sebagai manajer Bayer Leverkusen.

Setelah mengambil alih jabatan manajer senior pertamanya pada musim lalu, Alonso telah membawa klub ke puncak klasemen Bundesliga. Leverkusen unggul dua poin dari Bayern Muenchen setelah 20 pertandingan, setelah memenangkan 16 pertandingan dan tetap tak terkalahkan.

Mantan gelandang tersebut diketahui bahagia di klubnya saat ini dan fokus penuh untuk mencoba memenangkan gelar liga, meski bukan berarti kesepakatan belum bisa dilakukan.

Menurut Florian Plettenberg dari Sky Germany, Leverkusen sadar bahwa Alonso ada dalam daftar calon penerus Klopp di Liverpool. Leverkusen dikabarkan tetap optimistis dan menganggap Alonso akan bertahan di klub tersebut pada musim panas ini. Pria Spanyol itu sudah terlibat dalam perencanaan skuad mereka untuk musim depan.

Alonso, yang mencatatkan 210 penampilan untuk Liverpool sebagai pemain, telah memberikan pengaruh besar di Leverkusen meski baru menjalani musim penuh pertamanya di manajemen tim senior.

Setelah mengambil alih klub ketika mereka berada di posisi kedua terbawah di Bundesliga pada Oktober 2022, ia membawa mereka finis di peringkat keenam musim lalu, dan tim tersebut telah menjadi salah satu klub menonjol di Eropa musim ini.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement