Jumat 09 Feb 2024 14:14 WIB

BUMN Bantu Angkat Besi Lahirkan Lifter Kelas Dunia 

Kehadiran BUMN yang mendukung olahraga menjadi kebutuhan utama bagi pembinaan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Gita Amanda
Bagi cabang angkat besi yang langganan tampil dan meraih medali di Olimpiade, kehadiran BUMN yang mendukung olahraga menjadi kebutuhan utama, (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Louise Delmotte
Bagi cabang angkat besi yang langganan tampil dan meraih medali di Olimpiade, kehadiran BUMN yang mendukung olahraga menjadi kebutuhan utama, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi cabang angkat besi yang langganan tampil dan meraih medali di Olimpiade, kehadiran BUMN yang mendukung olahraga menjadi kebutuhan utama bagi pembinaan dan juga prestasi. Dalam dua tahun terakhir, PT Pupuk Indonesia yang menjadi bapak angkat PB PABSI (Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia) berperan strategis dalam melahirkan lifter-lifter kelas dunia dan juara Asia.

"BUMN melalui PT Pupuk Indonesia sangat berkontribusi bagi angkat besi. Mereka  aktif dan memberikan dukungan sponsor dalam dua tahun terakhir. Hasilnya sangat positif dengan banyak lifter usia muda kini berkibar di tingkat asia dan international," ujar Kabid Pembinaan PB PABSI, Hadi Wihardja di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga

Ia menambahkan selama ini dukungan yang diberikan PT Pupuk Indonesia digunakan untuk menggelar kejuaraan nasional untuk kategori terbuka, tingkat remaja, dan junior. "Berkat dukungan BUMN di setiap event PABSI, kini telah muncul para lifter tingkat remaja di bawah 17 tahun dan junior 18 hingga 20 tahun. Bahkan mereka sudah juara Asia di kategorinya," lanjut Hadi.

Di Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024 di Tashkent, Uzbekistan, yang berakhir 6 Februari lalu, tiga lifter putra dan seorang lifter putri mendulang banyak medali. Rahmat Erwin Abdullah meraih tiga medali emas di kelas 73 kg putra, Rizki Juniansyah (3 perak/73 kg putra), Ricko Saputra ( 2 perak dan 1 perunggu/ 61 kg putra, dan lifter putri potensial asal Papua, Natasya Beteyob (1 perak dan 2 perunggu/ 59 kg putri)

Peran besar BUMN bagi cabang angkat besi juga disampaikan Sekjen PABSI, Djoko Pramono. Menanggapi adanya wacana untuk mengubah BUMN menjadi koperasi yang beredar di masa kampanye Pilpres 2024 ini, menurut Sekjen PABSI, hal itu sudah melampaui batas.

"Jika ada yang janji kampanye apa-apa atau punya wacana tertentu, baiknya yang masuk akal dan tidak sekadar cari muka. Belum tentu akan menjadi pemimpin atau presiden, tapi sudah punya rencana kebijakan yang drastis serta mengubah semuanya. Ini tidak benar. Padahal selama ini, BUMN sudah banyak membantu kami dan terbukti bantuan itu menghasilkan prestasi," tegas Djoko Pramono. (Fitriyanto)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement