Jumat 09 Feb 2024 15:25 WIB

Barcelona Terus Kesusahan, Saatnya Pulangkan Guardiola?

Barcelona belum punya pelatih untuk meneruskan musim depan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Manchester City Josep Guardiola.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pelatih Manchester City Josep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Direktur olahraga Barcelona Deco menjawab kemungkinan untuk mempekerjakan kembali Pep Guardiola sebagai manajer. Rumor tersebut muncul ke permukaan setelah Xavi Hernandez mengungkapkan bahwa dia akan pergi pada akhir musim ini. Ia jua mengungkapkan peluang Jose Mourinho yang baru dipecat AS Roma. 

Mengenai hal itu, Deco menegaskan klub tidak memiliki rencana untuk mempertimbangkan mempekerjakan kembali Pep Guardiola sebagai manajer. Mantan bintang Portugal itu mengecilkan peluang rekan senegaranya Jose Mourinho mengambil alih kepemimpinan di Nou Camp.

Baca Juga

Raksasa LaLiga perlu menunjuk manajer baru di musim panas karena Xavi telah mengungkapkan bahwa dia akan pergi pada akhir musim. Pengumuman tersebut tentu saja menimbulkan spekulasi tentang siapa yang bisa menjadi manajer berikutnya.

Bos Manchester City Guardiola menghabiskan empat tahun sebagai manajer Barcelona dari 2008-2012 dan juga menghabiskan lebih dari satu dekade di klub sebagai pemain. "Pep adalah pelatih hebat. Tidak ada diskusi mengenai hal ini. Dia adalah pelatih Barca terbaik dalam sejarah. Tanpa diragukan lagi. Dan dia terus menang tandang. Dia yang terbaik di dunia saat ini," kata Deco kepada Esport3, melalui Mundo Deportivo.

"Tapi kami tidak berbicara dengan pelatih mana pun. Wajar jika pers mengajukan pertanyaan, tetapi berbicara tentang teknisi yang memiliki kontrak berarti kurangnya rasa hormat terhadap orang lain dan kami. Nanti waktunya akan tiba," ujarnya menambahkan. 

Deco juga mempertimbangkan rumor bahwa mantan bos Manchester United Mourinho mungkin akan mengisi lowongan tersebut. Mourinho menganggur setelah meninggalkan AS Roma bulan lalu. 

"Dia adalah teman baik saya, tetapi saya sudah lama tidak berbicara dengannya. Kami mencari manajer yang bisa beradaptasi dengan situasi klub dan bisa terus mengembangkan pemain muda yang kami miliki," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement