Jumat 09 Feb 2024 19:15 WIB

Laga Yordania Lawan Qatar, Ini Prediksi Susunan Pemain dan Peta Kekuatan 

Yordania akan jamu Qatar pada Sabtu (10/2/2024) dini hari

Rep: Fitriyanto / Red: Nashih Nashrullah
Pemain Yordania merayakan kemenangan seusai pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia antara Korea Selatan dan Yordania di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Selasa (6/2/2024). Yordania menang 2-0 sekaligus melangkah ke babak final Piala Asia 2023.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Pemain Yordania merayakan kemenangan seusai pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia antara Korea Selatan dan Yordania di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Selasa (6/2/2024). Yordania menang 2-0 sekaligus melangkah ke babak final Piala Asia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Yordania akan melakukan penampilan pertama mereka di final Piala Asia, Mereka akan melawan tuan rumah Qatar yang juga juara bertahan pada laga pada Sabtu (10/2/2024), dan Qatar akan berusaha menjadi juara beruntun di abad ini. 

Yordania mengejutkan Korea Selatan 2-0 di pertandingan semifinal mereka, sementara Qatar mempertahankan kemenangan 3-2 atas Iran dalam pertandingan berturut-turut. 

Baca Juga

Di atas kertas, Yordania tampak seperti pertarungan David vs Goliath di semi-final, namun pertandingan tersebut tidak terjadi karena Chivalrous membuat tim Korea Selatan kewalahan sepanjang 90 menit. 

Hussein Ammouta memiliki rencana taktis yang jenius, yang dieksekusi dengan sempurna oleh para pemainnya, gagal memberikan satu pun upaya tepat sasaran kepada tim Korea, yang memiliki beberapa penyerang paling berbakat di wilayah tersebut dan berada di peringkat ke-23 menurut FIFA, 64 tempat di atas Yordania. 

Setelah meraih kemenangan dramatis setelah tertinggal di babak 16 besar melawan Irak (3-2), Yordania jauh lebih rapi dalam bertahan, mencatatkan clean sheet berturut-turut. 

Yordania lebih efektif memainkan sepak bola transisi dibandingkan dengan pendekatan berbasis penguasaan bola, dengan penguasaan bola kurang dari 50 persen dalam lima dari enam pertandingan mereka di Piala Asia, sementara mereka kalah dalam satu-satunya pertemuan di kompetisi ini ketika mereka menguasai lebih banyak bola.  dibandingkan oposisi (kekalahan 1-0 dari Bahrain).

The Chivalrous telah bermain di final dua turnamen Asia abad ini dan kalah di keduanya, dengan kemenangan mereka sebelumnya di final kompetitif terjadi di Arab Games 1999, mengalahkan Irak melalui adu penalti.

Kemenangan mereka setelah tertinggal 2-1 dalam pertandingan persahabatan melawan Qatar pada awal Januari adalah pertama kalinya Yordania meraih kemenangan melawan mereka sejak semifinal Kejuaraan Federasi Sepak Bola Asia Barat 2008 (3-0).

Pada Rabu, pendukung Qatar menyaksikan semifinal yang menegangkan di Stadion Al Thumama dengan banyak peluang dalam pertandingan yang berlangsung sengit.

Gol Iran pada menit ke-4 membuat tuan rumah tertinggal terlebih dahulu untuk pertama kalinya di pertandingan Piala Asia sejak penyisihan grup 2015, sementara mereka memenangkan pertandingan pertama mereka di kompetisi ini dalam waktu normal setelah kebobolan gol pembuka.

Tendangan mereka pada menit ke-82 pada akhirnya cukup untuk mengalahkan Iran, yang menekan mereka hingga akhir yang pahit, membentur tiang gawang di saat-saat terakhir waktu tambahan babak kedua meskipun tertinggal satu pemain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement