Jumat 16 Feb 2024 05:35 WIB

Lukaku Bawa Roma Tahan Imbang Feyenoord di Playoff Liga Europa

Lukaku mencetak gol pada menit ke-67 untuk menyamakan skor 1-1 di Rotterdam.

Penyerang AS Roma Romelu Lukaku (kedua kiri) selepas mencetak gol ke gawang Feyenoord dalam laga playoff Liga Europa.
Foto: EPA-EFE/OLAF KRAAK
Penyerang AS Roma Romelu Lukaku (kedua kiri) selepas mencetak gol ke gawang Feyenoord dalam laga playoff Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Striker Romelu Lukaku menunjukkan kekuatannya untuk memaksakan gol penyeimbang saat AS Roma menahan imbang Feyenoord dengan skor 1-1 pada leg pertama pertandingan playoff Liga Europa, Jumat (16/2/2024) dini hari WIB.

Gol sundulan Igor Paixao pada menit-menit akhir babak pertama membawa klub asal Belanda ini unggul di Stadion De Kuipp. Namun Lukaku mencetak gol pada menit ke-67 setelah menyambut sebuah umpan silang ke dalam kotak penalti.

Baca Juga

Itu gol keenam Lukaku di Liga Europa musim ini dan ia kini telah mengoleksi 21 gol dari 18 pertandingan terakhirnya di kompetisi tersebut.

Ini ketiga kalinya dalam tiga tahun terakhir kedua tim saling berhadapan di Eropa, termasuk final Europa Conference League 2022 yang dimenangkan Roma 1-0 untuk memberi Jose Mourinho. 

Namun kali ini tak ada Mourinho. Sebagai gantinya, mantan kapten Roma Daniele De Rossi mendampingi tim untuk kali pertama pada laga Eropa, menggantikan Mourinho yang dipecat sebagai pelatih bulan lalu.

Delapan runner-up di fase grup Liga Europa akan melawan delapan tim peringkat ketiga dari fase grup Liga Champions pada babak playoff.

Pertandingan kedua dijadwalkan pada 22 Februari. Delapan pemenang kemudian akan menghadapi juara grup Liga Europa, yang lolos langsung ke babak 16 besar. Mereka termasuk Liverpool, West Ham dan Brighton dari Liga Primer, serta Bayer Leverkusen, Atalanta, Villarreal, Rangers, dan Slavia Praha.

Dalam hasil akhir yang menegangkan di Hamburg, gol pemain pengganti Marseille, Iliman Ndiaye, menit ke-90 membawa timnya unggul 2-1 sebelum Eguinaldo dari Shakhtar Donetsk menyelamatkan hasil imbang 2-2 pada laga yang dimainkan di Jerman akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Sebelumnya, penyerang Marseille Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol ke-30 dalam kariernya di Liga Europa untuk menyamai rekor kompetisi sebelum Mykola Matviyenko menyamakan kedudukan untuk tuan rumah.

Mauro Icardi mencetak gol kemenangan di menit akhir waktu tambahan dengan tendangan mendatar dari depan kotak penalti untuk membawa Galatasaray mengungguli Sparta Praha 3-2 setelah kedua tim hanya bermain dengan 10 pemain. Jan Kuchta mencetak gol untuk Sparta untuk membuat kedudukan menjadi 2-2 hanya beberapa menit setelah pemain bertahan Galatasaray, Victor Nelsson, menerima kartu merah. Gelandang Sparta, Matěj Ryneš, kemudian diusir keluar lapangan untuk kartu kuning keduanya.

Selain itu, Sporting Lisbon juga meraih kemenangan tandang 3-1 di Young Boys.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement