Ahad 18 Feb 2024 12:15 WIB

Erick: Dengan VAR, Industri Sepak Bola Indonesia akan Berkembang Baik

VAR sudah dapat diaplikasikan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan sambutan saat acara kick off partnership PSSI X ERSPO di Jakarta, Senin (22/1/2024). ERSPO secara resmi terpilih menjadi mitra fashion apparel resmi Timnas Indonesia yang menyediakan beragam produk fashion buatan brand lokal asal Tangerang seperti pakaian perlengkapan olahraga, atasan kasual, jaket kasual, celana kasual, jam dan produk fashion lainnya. Kerjasama antara PSSI bersama ERSPO tersebut  merupakan  upaya dukungan PSSI terhadap pengembangan poduk buatan lokal.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan sambutan saat acara kick off partnership PSSI X ERSPO di Jakarta, Senin (22/1/2024). ERSPO secara resmi terpilih menjadi mitra fashion apparel resmi Timnas Indonesia yang menyediakan beragam produk fashion buatan brand lokal asal Tangerang seperti pakaian perlengkapan olahraga, atasan kasual, jaket kasual, celana kasual, jam dan produk fashion lainnya. Kerjasama antara PSSI bersama ERSPO tersebut merupakan upaya dukungan PSSI terhadap pengembangan poduk buatan lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, BOG0R--Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah pimpinan Erick Thohir berkomitmen untuk terus memperbaiki dan mengembangkan persebakbolaan nasional. Salah satunya, dengan menerapkan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi kasta tertinggi di tanah air BRI Liga 1.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang menjadi operator BRI Liga 1 dan PSSI telah  mengadakan uji coba penerapan VAR tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2). Sebanyak delapan kamera telah dipasang di sejumlah titik lapangan yang digunakan dalam uji coba saat mempertandingkan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal.

“Bagi saya, dengan digunakannya VAR, kualitas liga akan semakin baik, dengan demikian akan semakin baik juga industri sepak bola kita. Pemain akan semakin baik juga mainnya. Dia tahu semua terjaga dengan baik,” jelas Erick Thohir.

Dalam acara uji coba tersebut, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus kepada pewarta menyampaikan, pihaknya terus berupaya memperbaiki mensimulasikan penggunaan VAR tersebut. “Intinya hari ini, kalau kita lihat, mulai dari alat peraga. Alat peraga yang didemonstrasikan atau yang kita gunakan sekarang ini, mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada. Ini persis seperti yang kita beli yang juga digunakan oleh Piala Dunia U-17 kemarin (2023).”

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengungkapkan, VAR sudah dapat diaplikasikan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26 Mei. Ratu Tisha menjelaskan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement