Ahad 18 Feb 2024 12:15 WIB

Erick: Dengan VAR, Industri Sepak Bola Indonesia akan Berkembang Baik

VAR sudah dapat diaplikasikan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan sambutan saat acara kick off partnership PSSI X ERSPO di Jakarta, Senin (22/1/2024). ERSPO secara resmi terpilih menjadi mitra fashion apparel resmi Timnas Indonesia yang menyediakan beragam produk fashion buatan brand lokal asal Tangerang seperti pakaian perlengkapan olahraga, atasan kasual, jaket kasual, celana kasual, jam dan produk fashion lainnya. Kerjasama antara PSSI bersama ERSPO tersebut  merupakan  upaya dukungan PSSI terhadap pengembangan poduk buatan lokal.
Foto:

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengungkapkan, VAR sudah dapat diaplikasikan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26 Mei.

Ratu Tisha menjelaskan saat ini penerapan VAR masih harus melalui beberapa tahap, salah satunya tahap persetujuan dan penilaian terakhir wasit serta asisten wasit VAR yang diberikan oleh FIFA.

"Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir, untuk mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini," kata Ratu Tisha.

Dalam uji coba ini, wasit dan asisten wasit melakukan simulasi operator tayang ulang, yang digunakan sebagai pertimbangan dalam keputusan-keputusan penting.

Hal itu meliputi pengambilan keputusan gol sah atau tidak sah, pengecekan penalti atau tidak penalti, kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement