Ahad 18 Feb 2024 19:47 WIB

VAR Bisa Digunakan Pada Seri Championship Liga 1 Indonesia Musim Ini

Penerapan VAR di kompetisi sepak bola Indonesia harus melalui beberapa tahap.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan, VAR sudah dapat digunakan menjelang akhir Liga 1 Indonesia musim 2023/2024. Tepatnya saat kompetisi memasuki seri Championship pada 4-26 Mei 2024.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI baru saja mengadakan uji coba penggunaan Video Assistent Referee (VAR) tahap ketiga. Uji coba ini dilakukan di lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024).

Terdapat delapan kamera dipasang di sejumlah titik di lapangan tersebut. Laga yang diujicobakan VAR ini mempertemukan dua klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal. 

Dalam penjelasannya, Ratu Tisha menerangkan, penerapan VAR harus melalui beberapa tahap. Salah satunya yakni tahap persetujuan dan penilaian terakhir wasit serta asisten wasit VAR yang diberikan oleh FIFA.

"Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini," kata wanita kelahiran 30 Desember 1985 itu, di situs resmi PSSI, yang dikutip pada Ahad (18/2/2024).

Dalam uji coba ini, wasit dan asisten wasit melakukan simulasi operator tayang ulang. Ini digunakan sebagai pertimbangan dalam keputusan-keputusan penting. Apa saja keputusan penting yang dimaksud?

Hal itu meliputi pengambilan keputusan gol sah atau tidak sah, kemudian pengecekan penalti atau tidak penalti. Lalu kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu kuning atau kartu merah, serta kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

"Intinya, kalau kita lihat, mulai dari alat peraga. Alat peraga yang didemonstrasikan atau yang kita gunakan sekarang ini, mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada," ujar Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

Jika berjalan sesuai rencana, maka pemandangan berbeda bakal terlihat di seri Championship pada Mei nanti. Peringkat 1-4 dari seri reguler menuju ke tahap berikutnya untuk mengejar trofi. Menarik dinantikan bagaimana VAR digunakan di sejumlah partai perebutan trofi tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement