Rabu 21 Feb 2024 11:41 WIB

Mengapa Guardiola Enggan Turunkan De Bruyne?

Kevin De Bruyne biasanya dimainkan saat Manchester City Alami Kebuntuan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Gelandang Manchester Kevin De Bruyne melakukan selebrasi usai mencetak gol.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Gelandang Manchester Kevin De Bruyne melakukan selebrasi usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Tak ada nama Kevin De Bruyne saat Manchester City menghadapi Brentford FC dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2023/24. City akhirnya unggul 1-0 atas Brentford di Stadion Etihad, Manchester, Rabu (21/2/2024) dini hari WIB.

Sejak awal, tuan rumah menekan dari segala arah. Namun the Bees perkasa meredam amukan the Sky Blues. Saat kebuntuan belum terpecahkan, biasanya sosok kreatif seperti Kevin De Bruyne dimainkan.

Faktanya sang gelandang hanya menjadi penonton di pertandingan. De Bruyne melihat rekan-rekannya susah payah menjebol gawang kubu tamu. Apa yang sebenarnya terjadi?

"Hari ini kami tidak bisa menurunkan Kevin karena dia mengalami cedera hamstring, dan kami tidak ingin mengambil resiko apa pun," kata pelatih Man City, Pep Guardiola, dikutip dari laman resmi klubnya.

Pep menegaskan, ini hanya tindakan pencegahan. Penggemar tak perlu khawatir. De Bruyne tidak harus mendekam di ruang perawatan.

Sang arsitek mengatur semuanya agar baik-baik saja. Ia mengetahui kondisi anak asuhnya itu dalam beberapa bulan sebelumnya. Sehingga sudah tepat jika De Bruyne diistirahatkan.

"Kata dokter, ini ada sedikit ketidaknyamanan. Jadi, setelah lima bulan absen, kami tidak ingin mengambil resiko apa pun," ujar Guardiola.

Mengenai jalannya laga, City menghadapi tembok kokoh. Gol kemenangan the Sky Blues baru tercipta di menit ke-71. Adalah Erling Haaland yang menjadi sosok pembeda.

Ia memanfaatkan kesalahan Kristoffer Ajer. Haaland lalu berhadapan dengan Mark Flekken. Dengan tenang, ia memperdaya kiper asal Belanda itu.

Guardiola kehabisan kata-kata memuji bomber timnya. Sejatinya, Haaland belum berada dalam top performa. Pekan lalu, nenek sang penyerang meninggal dunia. Berbagai situasi tersebut tidak mengurangi fokus eks Borussia Dortmund itu.

"Dia mencetak gol ketika dia tidak dalam kondisi terbaiknya saat ini," ujar Pep.

Man City tak terkalahkan dalam 16 pertandingan terakhir di berbagai ajang. Sebanyak 14 di antaranya, berhasil dimenangkan. Kini the Citizens berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Dengan mengantongi 56 poin, Haaland dan rekan-rekan cuma tertinggal sebiji angka di belakang Liverpool di singgasana. Persaingan memanas karena Liga menyisakan 13 partai lagi. Selanjutnya, pasukan biru langit menyambangi markas AFC Bournemoutuh pada akhir pekan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement