Rabu 21 Feb 2024 17:12 WIB

PBSI Fokus Percepatan Regenerasi Atlet yang Berkelanjutan

Menurut Ricky, regenerasi pun harus fokus pada segi kualitas.

Kabid Binpres PP PBSI Ricky Soebagdja (tengah)
Foto: Istimewa
Kabid Binpres PP PBSI Ricky Soebagdja (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PP PBSI) Ricky Soebagdja mengatakan pihaknya terus fokus pada percepatan regenerasi yang berkelanjutan di lima sektor. Ricky baru menjabat sebagai Kabid Binpres PBSI menggantikan Rionny Mainaky yang dirotasi menjadi kepala pelatih PBSI untuk Olimpiade Paris.

Ricky menilai, pembinaan dan percepatan regenerasi atlet-atlet muda diharapkan bisa mempersempit jarak antara pemain-pemain senior atau elite yang kini diandalkan untuk tampil di berbagai turnamen dan kejuaraan bergengsi dunia.

Baca Juga

“Kita fokus ke percepatan, dan untuk itu kita harus tahu mempersiapkannya bagaimana. Yang jelas kita tidak boleh lengah,” kata Ricky saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Demi mencapai target tersebut, peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu mengatakan peran pelatih di setiap sektor menjadi krusial. Menurut Ricky, pelatih adalah sosok yang paling dekat dengan setiap atlet, mulai dari memonitor keseharian latihan, program latihan, hingga pengiriman turnamen.

“Bagaimana dari (level) pratama ini bisa meneruskan yang ada. Jadi, kita perlu fokus ke pengiriman turnamen, itu harus benar-benar selektif. Selain itu, fokus di kesiapan, keseharian saat latihan, karena jika itu semua baik, maka hasilnya akan terlihat (saat bertanding),” jelas Ricky.

Mantan pemain ganda putra itu melanjutkan, langkah percepatan pertama yang bisa dilakukan adalah berkoordinasi dengan sesama pelatih terkait program-program latihan yang sudah berjalan.

“Ada kumpul sama pelatih terkait program, agenda kejuaraan, sehingga kita harus selektif. Sehingga betul-betul dalam pengiriman (atlet ke turnamen), persiapannya baik. Ini untuk percepatan dan target-target (atlet) pratama yang sangat penting,” ujar Ricky.

Menurut Ricky, regenerasi pun harus fokus pada segi kualitas, bukan hanya kuantitas. Sehingga, jarak yang jauh dari pemain elite ke junior diharapkan bisa semakin rapat dan kompetitif.

“Bukan cuma kuota, tapi pencapaiannya juga harus diawasi. Kita tidak ingin kalau yang senior selesai, tapi (atlet junior) masih persiapan. Kita tidak ingin seperti itu di semua sektor,” kata Ricky.

Sependapat, Kepala Pelatih PBSI Rionny Mainaky mengatakan hal itu sudah mulai ditunjukkan oleh atlet-atlet pelapis yang bertanding di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024, pekan lalu. Tim putri finis sebagai semifinalis, sementara tim putra terhenti di perempat final setelah memberikan perlawanan sengit.

“Saya minta pemain muda kemarin untuk menunjukkan daya juang dan kualitas. Tapi memang, ketenangan masih menjadi PR (pekerjaan rumah) pemain muda, beda dengan pemain senior,” kata Rionny.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement