Ahad 25 Feb 2024 05:38 WIB

Catatan 6 Kemenangan Beruntun MU Tercoreng di Kandang

Fulham beri kekalahan pertama MU di Tahun 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Budi Raharjo
Reaksi para pemain Manchester United usai kalah dalam pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Fulham di stadion Old Trafford di Manchester, Sabtu, (24/2/2024).
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Reaksi para pemain Manchester United usai kalah dalam pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Fulham di stadion Old Trafford di Manchester, Sabtu, (24/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Catatan tak terkalahkan Manchester United (MU) di tahun 2024 akhirnya dicoreng Fulham. Dalam lanjutan Liga Inggris Sabtu (24/2/2024) malam WIB di Stadion Old Trafford tuan rumah menyerah 1-2 dari Fulham.

Sebelumnya dalam tujuh laga beruntun baik di Liga Inggris maupun di pentas Piala FA tim asuhan Erik Ten Hag ini menorehkan enam kemenangan dan sekali imbang. Alih-alih mempertahankan tren positif dan bersaing menuju empat besar MU justru harus gigit jari kalah 2-1.

Hasil ini membuat MU masih di posisi enam dengan nilai 44 terpaut delapan poin dengan Aston Villa di posisi empat. Villa dalam laga yang bersamaan menang 4-2 atas Nottingham Forest. Sementara Fulham dengan tambahan tiga poin tetap di posisi 12 dengan 32 angka.

MU beruntung tidak kebobolan di babak pertama. Fulham tampil menyerang, demikian pula di babak kedua. Laga sempat dihentikan pada menit 51 karena Casemiro dan Harrison Reed mengalami benturan tepatnya adu kepala. Keduanya mendapat perawatan medis tim selama dua menit. MU kemudian menarik Casemiro dan memasukan Scott Mc Tominay. Laga dilanjutkan, Fulham langsung mengancam dengan dua peluang, melalui sundulan dan umpan terobosan yang belum bisa dimaksimalkan.

Onana menepis bola tendangan Reed menit 65 hanya menyebabkan tendangan pojok. Dari tendangan pojok inilah Fulham kemudian mencetak gol, bola liar di kotak pinalti MU, dikuasai Castagne dan memberi umpan jarak dekat kepada Calvin Bassey yang langsung melepaskan tendangan keras dan kali ini tak mampu diselamatkan Onana. Fulham pun unggul 1-0.

Bruno Fernandes nyaris menyamakan skor pada menit 71 namun  tendangannya masih ditangkap Bernd Leno. Asyik menyerang MU justru hampir kebobolan lagi, melalui serangan balik menit 79 Wilson melepaskan tendangan jarak jauh, beruntung bagi MU karena masih sedikit melambung di atas mistar gawang Onana.

Semenit berselang Harry Maguire mendapat peluang melalui sundulan melanjutkan tendangan pojok Bruno Fernandes. Kedua pemain ini akhirnya yang membuat MU menyamakan skor 1-1. Tendangan Fernandes di menit  89 sempat di halau Bernd Leno namun bola jatuh ke kaki Maguire yang langsung menceploskan bola ke gawang kosong. 

Wasit sempat melihat VAR memastikan gol ini, hasilnya tak ada pembatalan gol, karena Maguire dianggap tidak dalam posisi offside. Lindelof nyaris membuat MU unggul menit 93, sundulannya masih ditangkap Bernd Leno, semenit kemudian tendangan keras Fernandes dihalau Leno.

Asyik menyerang, MU justru kebobolan melalui serangan balik pada menit 97. Adama Traore yang lolos dari adangan Maguire dan pemain MU lainnya, melepaskan umpan yang disambut Iwobi, dengan bebas melepaskan tendangan keras kanan gawang MU, Onana hanya menatap bola meluncur masuk ke gawangnya. Hingga wasit meniup peluit akhir skor tetap 2-1 untuk kemenangan Fulham.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement