Sabtu 02 Mar 2024 12:58 WIB

Kemenangan Atas Lazio Buat Milan Tinggal Berselisih Satu Poin dari Juventus di Klasemen

Milan menang tipis atas Lazio pada laga lanjutan Serie A.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Andri Saubani
Dua pelatih Stefano Pioli dan Maurizio Sarri pada laga lanjutan Seria antara AC Milan dan Lazio.
Foto: EPA-EFE/FEDERICO PROIETTI
Dua pelatih Stefano Pioli dan Maurizio Sarri pada laga lanjutan Seria antara AC Milan dan Lazio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain pengganti babak kedua Noah Okafor mencetak gol kemenangan pada menit ke-88 saat AC Milan mengalahkan delapan pemain Lazio di Serie A pada Sabtu (2/3/2024) dini hari WIB. Kedua tim tampaknya akan bermain imbang tanpa gol di Stadio Olimpico, tetapi Okafor mencetak gol di menit-menit akhir untuk mengamankan kemenangan 1-0 bagi tim tamu.

Hasil ini membuat Milan yang berada di peringkat ketiga hanya terpaut satu poin dari peringkat kedua Juventus di klasemen Serie A, sementara Lazio, yang kehilangan Luca Pellegrini, Adam Marusic, dan Matteo Guendouzi yang dikeluarkan dari lapangan, tetap berada di peringkat kedelapan, tertinggal empat poin dari peringkat keenam, AS Roma.

Baca Juga

Lazio membuka pertandingan pertama pada menit kedelapan, Matias Vecino memanfaatkan umpan Felipe Anderson, namun tendangannya masih melebar dari tiang jauh. Tiga menit kemudian, tuan rumah mencatatkan tembakan tepat sasaran, melalui tembakan Valentin Castellanos dari jarak jauh setelah umpan terobosan Luis Alberto berhasil ditepis, namun kiper Milan Mike Maignan berhasil menyelamatkannya.

Lazio menginginkan penalti pada menit ke-13 ketika kesalahan di lini belakang Milan menyebabkan Castellanos dikeluarkan oleh Maignan, namun wasit senang permainan terus berlanjut.

Peluang pertama Milan di laga itu datang pada menit ke-17 melalui Olivier Giroud, namun sundulan striker berpengalaman itu menyambut umpan silang Alessandro Florenzi masih melebar dari tiang gawang. Christian Pulisic mendapat setengah peluang bagi tim tamu pada menit ke-36 setelah Lazio hanya mampu menghalau setengah tendangan sudut, namun pemain internasional Amerika Serikat itu melepaskan tendangan volinya ke tribun penonton.

Maignan kemudian terpaksa melakukan penyelamatan cerdas di sisi lain lapangan untuk menggagalkan serangan Alberto, sebelum Pulisic menghentikan kiper Lazio Ivan Provedel di akhir babak pertama setelah melepaskan tendangan kaki kiri.

Rafael Leao melakukan percobaan pertama di babak kedua, namun tendangannya dari tepi kotak penalti selalu melambung di atas mistar gawang Lazio. Tim tuan rumah kemudian bermain dengan 10 pemain pada menit ke-57, dan Pellegrini dikeluarkan dari lapangan karena mendapat kartu kuning kedua, dan sang bek menarik Pulisic hingga terjatuh.

Ciro Immobile dimasukkan untuk Lazio pada menit ke-60 dan mendapat setengah peluang tak lama kemudian, namun sundulannya berhasil diselamatkan oleh Maignan di gawang Milan, sebelum Provedel menggagalkan upaya Giroud selama periode terbuka pertandingan.

Tijjani Reijnders selanjutnya mencoba peruntungannya untuk Milan pada menit ke-73, namun tendangannya masih melebar dari tiang jauh, sebelum Provedel menggagalkan upaya Ruben Loftus-Cheek dan Immobile yang gagal melakukan tendangan jarak dekat di sisi lain.

Terobosan tampaknya terjadi pada menit ke-76 melalui Leao, namun tendangannya yang terdefleksi dianulir karena offside setelah pemeriksaan VAR. Milan akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-88, Okafor yang baru masuk lapangan pada menit ke-71 berhasil mencetak gol kedua setelah upaya pertamanya dari tengah kotak penalti berhasil digagalkan kiper Lazio.

Ada drama di menit-menit akhir pertandingan, dengan Marusic dan Guendouzi keduanya dikeluarkan dari lapangan pada pertukaran terakhir, saat Lazio menyelesaikan pertandingan dengan delapan pemain di lapangan.

Perhatian Milan kini akan beralih ke Liga Europa, bersiap menjamu Slavia Praha untuk pertandingan leg pertama babak 16 besar, sementara Lazio akan bertandang ke Bayern Muenchen untuk pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions, memegang keunggulan 1-0 dari leg pertama di Italia.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement