Ahad 03 Mar 2024 19:12 WIB

Lolos ke Olimpiade Paris, Peselancar Rio Waida: Sangat Luar Biasa dan Indah

Tujuh atlet Indonesia sudah memastikan lolos ke Olimpiade Paris.

Peselancar Rio Waida.
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Peselancar Rio Waida.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peselancar Indonesia Rio Waida memastikan lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Prancis. Ia memastikan tiket setelah lolos dari babak kualifikasi di International Surfing Association (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Riko, Ahad (3/3/2024) dini hari WIB.

Pada pergelaran itu, Rio yang merupakan atlet asal Bali tersebut menyelesaikan babak repechage 10 pada urutan kedua dengan 10,93 poin. 

Baca Juga

"Ini sangat luar biasa dan sangat indah. Itu alasan kenapa saya datang ke kejuaraan ini. Terakhir kali saya lolos kualifikasi untuk Tokyo, rasanya luar biasa dan sekarang saya ingin melakukannya lagi. Saya akan terus berjuang untuk negara saya, selalu," kata Rio, dikutip dari keterangan resmi NOC Indonesia, Ahad.

International Surfing Association (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Riko sendiri merupakan ajang kualifikasi terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris, di mana surfer yang berada di tiga besar repechage 12 dipastikan meraih tiket Olimpiade.

Karena ada surfer yang sudah meraih tiket ke Olimpiade 2024 di kualifikasi sebelumnya atau sudah memiliki dua wakil senegara, empat tiket tersisa diberikan kepada para peselencar terbaik yang melaju ke repechage 10. Meskipun Rio sudah mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024, ia masih akan terus melanjutkan kompetisi ke babak 11 repechage.

Bagi Rio, ini menjadi kali kedua berturut-turut penampilannya sejak pertama kali olahraga surfing dimainkan di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Saat di Tokyo, langkahnya terhenti di babak 16 besar saat tampil di Tsurigasaki Surfing Beach, Jepang.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengungkapkan kegembiraannya Indonesia menambah wakilnya di Olimpiade 2024 Paris. Ia pun berharap nanti atlet-atlet Indonesia mampu mengumandangkan Indonesia Raya di pergelaran olahraga terbesar dunia empat tahunan tersebut.

"Merah Putih terus berkibar tinggi. Sekarang tinggal menunggu Indonesia Raya berkumandang di Tahiti, Paris 2024. Terima kasih dan selamat berjuang terus untuk Rio Waida atlet surfing kebanggaan Indonesia," kata Okto.

Lolosnya Rio menambah jumlah tiket Olimpiade 2024 Paris yang telah diraih Tim Indonesia menjadi tujuh. Sebelumnya, panahan menempatkan dua wakilnya Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono dari panjat tebing, Rifda Irfanaluthfi dari senam artistik, dan Fathur Gustafian dari menembak.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement