Kamis 07 Mar 2024 07:28 WIB

Nova Arianto Prediksi Timnas Vietnam Turunkan Skuad Lengkap

Di Piala Asia 2023, Vietnam turun dengan mayoritas pemain muda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Laga Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 (ilustrasi).Kedua tim akan bertemu kembali di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 Maret 2024.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Laga Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 (ilustrasi).Kedua tim akan bertemu kembali di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 Maret 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto mengatakan Vietnam mungkin akan menurunkan skuad lebih lengkap pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 21 Maret 2024. Untuk itu, menurutnya tim Garuda harus mewaspadai kekuatan Vietnam yang berbeda dari Piala Asia 2023 lalu.

"Yang pastinya Vietnam tetep menjadi lawan yang perlu diwaspadai, karena kita mendengar ada beberapa pemain yang tidak tampil di Piala Asia, besok akan hadir di Jakarta," kata Nova kepada awak media, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga

Sebelumya, di Piala Asia 2023, pelatih Vietnam Philippe Troussier memanggil mayoritas pemain muda yang tampil di kompetisi lokal. Saat itu, sejumlah pilar inti mereka yang mayoritas pemain berpengalaman di skuad Vietnam harus menepi karena cedera.

Saat itu, jumlah pemain penting timnas Vietnam yang absen di Piala Asia 2023 mencapai 11 orang sehingga membuat pelatih harus mengambil pemain U-23. Dalam pertemuan di fase grup, skuad Garuda pun berhasil menaklukkan Vietnam melalui gol tunggal Asnawi Mangkualam. 

Kemenangan itu menjadi tiket bagi Indonesia untuk lolos pertama kalinya ke babak 16 besar. Namun, kemenangan itu sudah berlalu dan sekarang ada laga penting di depan mata yang harus dihadapi. Nova meminta agar skuad Garuda lebih waspada dengan Vietnam yang datang lebih lengkap. 

"Itu menjadi salah satu faktor dan kita harus lebih siap lagi lebih bisa cek lagi bagaimana pemain-pemain yang akan tampil di laga pertama di Jakarta. Karena pasti akan berbeda secara susunan pemain, ada beberapa pemain yang tidak bermain di Piala Asia akan dibawa juga," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement