Jumat 08 Mar 2024 22:03 WIB

Statistik Grand Prix Arab Saudi di Jeddah

Grand Prix Arab Saudi akan digelar di Sirkuit Jeddah Corniche, 7-9 Maret.

Pembalap Formula Satu dari tim Red Bull asal Meksiko, Sergio Perez, menjuarai GP Formula Satu (F1) Arab Saudi di Jeddah, tahun lalu.
Foto: EPA-EFE/Luca Bruno
Pembalap Formula Satu dari tim Red Bull asal Meksiko, Sergio Perez, menjuarai GP Formula Satu (F1) Arab Saudi di Jeddah, tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah balapan pembuka musim 2024 yang intens di Bahrain, para pembalap Formula 1 siap melanjutkan persaingan mereka di putaran kedua musim ini melalui Grand Prix Arab Saudi yang digelar di Sirkuit Jeddah Corniche, 7-9 Maret.

Sirkuit Jeddah Corniche menawarkan tantangan yang berbeda dari Sirkuit Internasional Bahrain yang membuka musim kompetisi F1 2024, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Jeddah sendiri menjadi salah satu sirkuit tercepat di kalender F1, dengan kecepatan rata-rata menyaingi Monza, Italia, meski berwujud sirkuit jalan raya yang pinggir treknya langsung dibatasi pagar besi dan tanpa gravel.

Sirkuit Jeddah Corniche

Panjang lintasan: 6,174km

Rekor lap: 1:30,734 (Lewis Hamilton, Mercedes, 2021)

Jarak balapan: 308,450km atau 50 putaran.

Pemenang GP Arab Saudi 2023: Sergio Perez (Red Bull)

Podium 2022: #1 Sergio Perez (Red Bull), #2 Max Verstappen (Red Bull), #3 Fernando Alonso (Aston Martin)

Pole position 2023: Sergio Perez (Red Bull)

Ini merupakan GP Arab Saudi keempat sejak balapan itu debut di kalender Formula 1 pada tahun 2021. Pada edisi perdana tersebut, Max Verstappen (Red Bull) keluar sebagai juara, sementara Lewis Hamilton (Mercedes) merebut pole pada sesi kualifikasi.

Red Bull terbukti menjadi tim yang kuat di sirkuit ini, dengan kemenangan-kemenangan yang dibukukan oleh Verstappen dan Perez. Adapun Perez meraih kemenangan perdananya pada musim lalu di sirkuit yang terletak di kota pesisir Laut Merah tersebut.

Adapun sesi latihan bebas pertama dan kedua GP Arab Saudi 2024 telah bergulir pada Kamis (7/3), dengan lima pembalap yang sangat mendominasi, yaitu Verstappen, Alonso, Perez, George Russell (Mercedes), dan Charles Leclerc (Ferrari).

Setelah ini, sesi latihan bebas ketiga GP Arab Saudi akan bergulir pada Jumat (8/3) pukul 20.30 WIB. Sesi itu kemudian akan dilanjutkan dengan babak kualifikasi yang bergulir pada Sabtu (9/3) pukul 00.00 WIB.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement