Ahad 10 Mar 2024 00:32 WIB

Jorge Martin Raih Pole GP Qatar, Marc Marquez Start dari Baris Kedua

Sementara juara bertahan Francesco Bagnaia start dari posisi kelima.

Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin.

REPUBLIKA.CO.ID, QATAR -- Pembalap Prima Pramac, Jorge Martin merebut posisi pole perdana pada MotoGP musim 2024, setelah menjadi yang terdepan pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar, Sabtu (9/3/2024). Martin mencatatkan waktu lap 1 menit 50,789 detik, yang sekaligus menjadikannya sebagai pembalap tercepat sepanjang masa di Sirkuit Internasional Lusail.

Berada di posisi kedua, adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang stabil mengimbangi Martin di sepanjang rangkaian balapan MotoGP Qatar kali ini, eengan selisih waktu 0,083 detik saja dari sang pemimpin balapan. Melengkapi tiga besar, adalah Enea Bastianini yang bangkit dengan kuat untuk Tim Ducati Lenovo dengan margin 0,086 detik dari Martin, atau 0,003 detik saja dari Espargaro.

Baca Juga

Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) menempati posisi keempat, saat Raul Fernandez (Trackhouse Racing) terjatuh di tikungan enam, mengakhiri sesi kualifikasinya lebih awal setelah mencoba memberikan perlawanan. Binder, yang memimpin baris kedua untuk balapan utama mendatang, mengakhiri sesi dengan margin hanya 0,38 detik dari Bastianini.

Di samping Binder akan ada juara dunia dua kali, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang start dari posisi kelima dengan selisih waktu 0,139 detik dari Martin. Marc Marquez (Gresini Racing) melengkapi baris kedua bersama tim dan motor barunya dengan kuat.

Mantan pembalap Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) akan memimpin baris ketiga grid, di depan rookie Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Factory Racing) yang akan start di posisi kedelapan. Alex Marquez (Gresini Racing) akan melengkapi baris ketiga.

Sementara itu, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) tidak lolos ke Q2 dan terpaksa start di posisi ke-15 dan ke-16. Di sisi lain, para pembalap segera bersiap untuk melakoni balapan Sprint yang akan bergulir pada pukul 23.00 WIB. Sementara, balapan utama MotoGP Qatar bakal berlangsung pada Senin (11/3/2024) pukul 00.00 WIB.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement