Ahad 10 Mar 2024 09:34 WIB

Lolosnya PSBS Biak, Semen Padang FC dan Malut United Membuat Liga 1 Makin Rasa Indonesia

Malut United promosi ke Liga 1 setelah memenangkan perebutan tempat ketiga Liga 2.

Rep: Fitriyanto/ Red: Didi Purwadi
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Foto: Republika
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga tim sepak bola dari Liga 2 sudah memastikan diri promosi ke Liga 1 musim depan. Setelah Persatuan Sepak Bola Biak dan Sekitarnya (PSBS) Biak dan Semen Padang FC lebih dulu memastikan lolos, Maluku Utara (Malut) United melengkapi tiga tim yang berhak promosi ke kompetisi sepak bola kasta tertinggi di tanah air.

''Dengan demikian sebaran klub Liga 1 musim depan lebih merata,'' kata Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menyambut antusias promosinya tiga tim dari Liga 2 yang berasal dari berbagai pulau.

''Dari Sumatra yang musim ini tanpa klub di Liga 1, musim depan diwakili Semen Padang. Papua ada wakil PSBS Biak dan ada perwakilan dari Maluku,'' ujarnya. ''Dari Kalimantan sudah ada perwakilan Borneo FC dan juga Barito Putera.''

''Dari Sulawesi diwakili oleh PSM Makassar, ada Bali United yang mewakili pulau dan provinsi Bali. Sisanya dari Pulau Jawa. Jadi, benar-benar bisa dibilang Liga Indonesia karena sebaran pesertanya,'' ujar Erick.

PSBS Biak dan Semen Padang memastikan lolos akhir Februari lalu setelah keduanya lolos ke final Liga 2 musim 2023/2024. PSBS Biak lolos ke final usai menang agregat 5-1 atas Persija Banda Aceh, sedangkan Semen Padang unggul agregat 2-1 atas Malut United.

Sementara Malut United melengkapinya dengan memenangkan perebutan tempat ketiga  pada (9/3/2024). Malut United mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-2.

Malut United lolos setelah dua kali tertinggal. Persiraja unggul 1-0 berkat gol penalti Ferdiansyah menit 32. Malut menyamakan melalui Frets Butuan (45+7' pen.).

Ramadhan membawa Persiraja unggul kembali 2-1 menit 91, Malut kembali menyamakan skor 2-2 lewat Dave Mustaine (103'). Dan, akhirnya Malut menang 3-2 melalui gol Jose Wilkson (115').

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement