Senin 11 Mar 2024 01:19 WIB

Kemenangan 4-0 atas Villa, Bawa Tottenham ke Persaingan Empat Besar

Spurs tetap berada di urutan kelima dalam tabel Liga Primer Inggris.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Tottenham
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Tottenham

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tottenham Hotspur mencatat kemenangan 4-0 atas 10 pemain Aston Villa dalam perebutan empat besar Liga Primer Inggris, Ahad (10/3/2024), di Villa Park. James Maddison, Brennan Johnson, Son Heung-min dan Timo Werner masing-masing mencetak satu gol dalam kemenangan tersebut. 

Tambahan tiga poin membuat tim Ange Postecoglou tetap berada di urutan kelima dalam tabel Liga Primer Inggris. Tetapi sekarang hanya tertinggal dua poin di belakang Villa yang berada di urutan keempat, di mana Tottenham punya satu pertandingan lebih sedikit. Spurs juga kini unggul enam poin dari Manchester United yang berada di posisi keenam.

Villa yang kehilangan kapten John McGinn karena dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-65, memasuki pertandingan tersebut setelah meraih tiga kemenangan liga berturut-turut. Tetapi, sebelumnya mereka bertandang ke Ajax Amsterdam saat beraksi di Liga Konferensi Europa dan tim Unai Emery harus puas dengan hasil imbang.

Villa mendapat ketakutan akan cedera pada menit kelima pertandingan dengan Ollie Watkins terjatuh setelah mendapat hadangan keras bek Tottenham Micky van de Ven. Tetapi penyerang itu akhirnya bangkit kembali. Kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0 setelah 45 menit pembukaan yang kurang berkualitas di sepertiga akhir lapangan.

Tottenham berhasil membuat terobosan pada menit ke-50 pertandingan dengan Maddison mencetak gol dari jarak dekat setelah umpan brilian dari Pape Sarr. Tim London Utara itu sekarang sedang mencatatkan rekor gol klub dalam 39 pertandingan liga berturut-turut, terakhir kali gagal meraih hasil imbang melawan Wolverhampton Wanderers pada Maret 2023.

Spurs kemudian menggandakan keunggulannya pada menit ke-53 dengan Johnson menyapu bola tendangan Son dari kotak penalti ke bagian atas gawang. Villa mempunyai peluang untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-64 ketika McGinn memberikan umpan silang brilian ke arah Nicolo Zaniolo, namun Porro mampu melakukan blokir luar biasa.

Kurang dari satu menit kemudian, tim tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain. McGinn langsung mendapat kartu merah karena pelanggaran buruk terhadap bek Tottenham Destiny Udogie.

Kehilangan sang kapten membuat mereka tampaknya mengakhiri sedikit harapan untuk bangkit kembali di menit-menit akhir. Villa kurang dalam performa terbaiknya di kandang sendiri. 

Spurs mampu menambah gol ketiga di masa tambahan waktu berkat upaya keras Son, sebelum Werner menemukan sudut atas pada menit ke-95 untuk gol keempat tim tamu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement