Rabu 13 Mar 2024 23:25 WIB

DPR Tandatangani Dokumen Naturalisasi Ragnar cs, PSSI: Terima Kasih Bu Puan

Setelah ini Presiden Jokowi akan melantik ketiganya menjadi WNI

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berfoto bersama Ragnar Oratmangoen.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berfoto bersama Ragnar Oratmangoen.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PSSI mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPR RI Puan Maharani yang telah menandatangani dokumen naturalisasi atas nama Ragnar Oratmangoen,Thom Haye, dan Maarten Paes.

Sebelumnya Komisi X dan III juga telah menyetujui permohonan pewarganegaraan ketiga pemain tersebut pada Kamis (7/3). PSSI pun mengapresiasi atas bantuan Komisi X dan III DPR RI selama ini. 

‘’PSSI juga mengucapkan Terima kasih kepada Komisi X dan III DPR yang selama ini selalu membantu PSSI terkait program naturalisasi. Terima kasih juga kepada Ketua DPR, Puan Maharani yang telah menandatangani permohonan pewarganegaraan ini,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Dokumen naturalisasi ini penting karena menjadi kunci apakah para pemain bule itu bisa langsung memperkuat timnas dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebelumnya, seperti dikutip dari Antara, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan proses naturalisasi dua pesepak bola, Thom Jan Haye dan Ragnar Oeratmangoen, masih menunggu tanda tangan dokumen persetujuan naturalisasi dari Ketua DPR RI.

"Setelah itu langsung diproses ke Keppres (Keputusan Presiden) dan pelantikan," kata Dito kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan perkembangan proses naturalisasi Thom dan Ragnar untuk memperkuat Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tom Haye (28) yang bermain sebagai gelandang untuk SC Heerenveen di liga utama Belanda, memiliki darah Indonesia (kakeknya berasal dari Sulawesi dan neneknya berasal dari Solo).

Sedangkan, Ragnar (26) yang berposisi sebagai penyerang atau winger Fortuna Sittard di liga Belanda dengan status pinjaman dari Groningen, memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang asal Maluku.

Setelah dokumen tersebut ditandatangani, Presiden Joko Widodo selanjutnya menerbitkan keputusan presiden sehingga kedua pemain dapat mengangkat sumpah menjadi WNI dan selanjutnya didaftarkan ke FIFA agar bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Dito mengatakan, waktu pendaftaran pemain ke FIFA juga dibatasi sehingga Kemenpora dan PSSI mengupayakan proses naturalisasi mereka segera tuntas.

"FIFA itu kan ada batas waktu ya, Kalau enggak salah tanggal 18, tadi pak Erick bilang, kalau enggak salah ya, jadi lagi dikejar (proses naturalisasi) hari ini," pungkasnya.

Tom Haye dan Ragnar Oeratmangoen adalah dua dari 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Vietnam di Stadion GBK di Jakarta pada 21 Maret dan Stadion My Dinh di Hanoi pada 26 Maret.

sumber : Rilis
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement