Ahad 17 Mar 2024 21:41 WIB

Juventus Harus Berbagi Poin Setelah Imbang 0-0 Vs Genoa

Genoa hampir blunder di menit-menit awal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Juventus Vs Gerona, Ahad (17/3/2024).
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Juventus Vs Gerona, Ahad (17/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus harus puas dengan hasil imbang saat menjamu Genoa pada pekan ke-29 Serie A Italia 2023/2024 di Allianz Stadium, Ahad (17/3/2024) malam WIB. Tim asuhan Max Allegri bermain lebih agresif di babak kedua namun beberapa percobaan ke gawang diselamatkan oleh tiang gawang.

Genoa hampir blunder di menit-menit awal saat umpan balik ke Martinez sulit untuk ditangani oleh kiper Genoa itu. Beruntung dia masih bisa menyapu keluar untuk menghasilkan lemparan ke dalam bagi Juventus. Vlahovic melepaskan tembakan tapi masih membentur pertahanan.

Baca Juga

Di menit kelima, Genoa mendapat tendangan bebas dalam posisi berbahaya saat Locatelli melanggar Badelj. Gudmundsson mengeksekusi bola mati tapi umpannya dilanjutkan Bani dan mengarah ke gawang, namun Szczesny menepisnya keluar dan menghasilkan tendangan sudut bagi Genoa.

Genoa menikmati awal pertandingan yang positif, menghasilkan dua tembakan dan mendominasi penguasaan bola. Tim tamu menguasai 61,8 persen penguasaan bola dan tiga sentuhan di dalam kotak lawan. Gilardino akan senang dengan cara timnya membawa pertandingan melawan Juventus di Stadion Allianz.

Setelah 23 menit, Juventus mulai bisa mengembangkan permainannya di babak pertama dan kini menikmati lebih banyak penguasaan bola, menguasai 57,6 persen penguasaan bola. Namun tim asuhan Allegri belum menguji kiper lawan dengan tembakan tepat sasaran, dan mereka perlu menunjukkan lebih banyak kreativitas di sepertiga akhir lapangan.

Setelah 30 menit, Genoa kesulitan untuk bermain. Miretti menemukan Danilo di tengah. Umpannya melebar ke Cambiaso yang memotong ke dalam sebelum menemukan Chiesa di sebelah kiri. Dia menghadapi Spence dan turun tepat di tepi kotak. Tim asuhan Allegri meminta penalti, namun wasit menunjuk tendangan sudut.

Juventus memenangkan lemparan ke dalam di area Genoa. Chiesa menerima lemparan ke dalam dan dia menggesernya ke kanan sebelum mengirimkannya ke area penalti, namun tidak ada seorang pun dapat menyambutnya dan Martinez keluar dari garisnya untuk mengambilnya.

Tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol di babak pertama. Laga berakhir dengan skor kacamata bagi kedua tim.

Juventus bermain lebih agresif di babak kedua. Peluang tercipta di menit ke-66 saat Vildiz memotong ke dalam dari kiri berhadapan dengan Iling-Junior di tepi kotak penalti Genoa. Ia menembak dari luar kotak penalti, dan mengarahkannya ke sudut bawah, tapi Martinez masih dapat menepisnya untuk menghasilkan tendangan sudut.

Dua menit berselang, Cambiaso memotong ke kiri dari sisi kanan dan memberikan umpan silang berbahaya ke dalam kotak. Vlahovic melampaui pengawalnya dan menyundul ke arah gawang, namun usahanya masih membentur tiang. Pasukan Allegri terus menekan.

 

Genoa telah kesulitan untuk menekan Juventus sejak turun minum, dengan tim Gilardino belum mencoba melakukan tembakan di babak kedua. Tim tandang belum pernah menyentuh bola di dalam kotak lawan sejak jeda, dan pasukan Allegri terlihat lebih berpeluang untuk membuka skor.

Di menit ke-75, kesempatan yang luar biasa dimiliki Vlahovic. Berawal dari Bremer yang menemukan Cambiaso melebar dan bek sayap Juventus memotong dengan kaki kirinya sebelum memberikan umpan silang ke dalam kotak. Vlahovic ada di sana untuk menyambutnya tapi entah bagaimana dia mengalihkan sundulannya ke atas mistar.

Yildiz melepaskan umpan ke kaki Vlahovic tetapi tidak sampai padanya, dan bola memantul ke arah Kean di tepi kotak penalti. Tendangan striker asal Italia itu rendah dan keras ke arah sudut bawah, namun tembakannya masih membentur tiang.

Vlahovic dihukum kartu kuning kedua di menit tambahan waktu. Striker Serbia itu tidak senang dengan keputusan wasit yang memberikan kartu kepadanya karena melakukan pelanggaran terhadap kiper Genoa, dan reaksinya membuatnya mendapatkan dua kartu kuning. Laga pun berakhir tanpa gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement