Senin 18 Mar 2024 01:14 WIB

Menang Dramatis 4-3 dari Liverpool, MU Melenggang ke Semifinal Piala FA

MU menyusul Coventry City, Manchester City dan Chelsea yang lebih dulu lolos.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Manchester United.
Foto: EPA-EFE/ASH ALLEN
Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United menang dramatis 4-3 dari menjamu Liverpool di babak perempat final Piala FA 2023/2024 di Old Trafford, Manchester, Senin  (18/3/2024) dini hari WIB. Pemain pengganti Amad Diallo mencetak gol penentu kemenangan MU di menit injurytime babak tambahan waktu, sekaligus mendapat kartu merah akibat aksi selebrasi golnya.

MU menyusul tiga tim lainnya yang lebih dulu memastikan lolos yakni Coventry City, Manchester City dan Chelsea. Coventry City yang bermain di divisi dua Liga Championship, melenggang ke semifinal usai menaklukkan Wolverhampton Wanderers dengan skor 3-2. 

Manchester City meraih tiket empat besar dengan menjinakkan Newcastle United lewat kemenangan 2-0.  Sementara Chelsea melaju ke babak semifinal dengan mengalahkan tim divisi dua Leicester City dengan skor 4-2. 

Liverpool bangkit di babak pertama melawan Manchester United di perempat final Piala FA 2023/2024 di Old Trafford, Manchester, Ahad (17/3/2024). Liverpool yang lebih dahulu tertinggal, berhasil comeback dan menutup babak pertama dengan skor 2-1. 

Manchester United menekan sejak menit awal. Alejandro Garnacho melakukan pergerakan di sisi kanan sebelum melepaskannya di tepi kotak penalti untuk Marcus Rashford. Dia melepaskan tembakan rendah melintasi gawang, tapi Caoimhin Kelleher berhasil menepisnya. 

Umpan silang indah Darwin Nunez membuat pertahanan United kehilangan kendali di menit kesembilan. Penyerang Mohamed Salah melakukan tendangan voli manis, namun tembakannya hanya memantul di tiang jauh MU.

Tuan rumah MU akhirnya memimpin di menit ke-10. Menerima umpan panjang di sebelah kiri, Rashford meneruskannya ke Garnacho yang melepaskan tembakannya dari sudut sempit. 

Kelleher berhasil menahannya, tapi bola itu melayang ke udara. Dan, Scott McTominay memaksimalkannya dengan melepaskan tendangan voli ke gawang kosong dari jarak dekat untuk membawa MU memimpin 1-0.

Setan Merah hampir menggandakan keunggulan di menit ke-35. Umpan datang dari sisi kiri lagi dengan Rashford memberikan umpan silang rendah dari kiri. McTominay tidak terkawal di tengah dan menyodoknya ke gawang. Tapi, Kelleher berada di posisi yang tepat untuk mendorongnya menjauh.

Wataru Endo berhasil menyarangkan bola ke gawang Manchester United di menit ke-37. Namun VAR memastikan Salah sudah berada dalam posisi offside dalam prosesnya. 

Liverpool akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-44. Alexis Mac Allister melepaskan tembakan kuat ke gawang di tengah kotak penalti. Bola yang berubah arah karena sentuhan Kobbie Mainoo, gagal diantisipasi kiper Andre Onana. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Salah membalikkan keadaan di menit tambahan waktu. Berawal dari tembakan melengkung Nunez ke gawang dan Onana menepisnya tapi dia hanya bisa mendorongnya ke Salah. Dia tidak membuat kesalahan saat melepaskan tembakan ke dalam tiang dekat. Skor 2-1 untuk Liverpool untuk menutup babak pertama.

Di babak kedua, MU susah payah berusaha menyamakan kedudukan. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba ketika waktu normal tersisa tiga menit.

Antony melepaskan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti, yang melesak di pojok kanan bawah Liverpool. Skor berubah menjadi imbang 2-2 dan memaksa babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu, Liverpool kembali memimpin skor lewat gol Harvey Elliott pada menit 105. The Reds menyudahi babak pertama tambahan waktu dengan keunggulan 3-2.

Di babak kedua tambahan waktu, MU langsung tancap gas dan berhasil menyamakan kedudukan 3-3 melalui gol Rashford pada menit ke-112. Dan, Diallo akhirnya memastikan kemenangan MU dengan mencetak gol penentu kemenangan timnya di menit injurytime ke-120. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement